Internet Perkantoran

 1.       Q : Dimana bisa mengakses alamat e-mail umm?

A : Silahkan kunjungi alamat http://pop.umm.ac.id pada browser anda, kemudian masukkan username dan password. Untuk penulisan username perlu ditambah @umm.ac.id

 

2.       Q : Bagaimana dosen/karyawan bisa mendapatkan akun e-mail umm?

A : Dosen/Karyawan dapat memiliki akun e-mail umm dengan cara langsung datang ke kantor infokom divisi jaringan Gedung ICT Center Lantai 2.

 

3.       Q : Bagaimana cara untuk mengganti password e-mail?

A : Untuk mengganti password e-mail, anda harus mengakses terlebih dahulu akun e-mail anda pada http://pop.umm.ac.id lalu klik menu tab preferences kemudian pada kolom Login Options lalu klik tombol Change Password maka akan muncul jendela baru kemudian isikan old password (password lama), New password (password baru), Confirm (ulangi password baru) kemudian klik tombol Change Password lalu pada jendela sebelumnya klik tombol SAVE (terletak di pojok kiri atas pada tab preferences).

 

4.       Q : Bagaimana untuk mengetahui username password e-mail jika lupa?

A : Anda dapat mengetahui username atau password dengan cara menghubungi lembaga infokom divisi jaringan atau ext 178.

 

5.       Q : Bagaimana menghapus e-mail di folder inbox, sent, draft dan junk?

A : Dengan cara mencentang item e-mail yang akan di hapus kemudian klik tombol Delete yang terletak pada atas jendela tab

 

6.       Q : Bagaimana menghapus e-mail di folder trash?

A : Dengan cara mengklik kanan menu trash lalu pilih Empty Trash

 

7.       Q : Berapa maksimal ukuran file attachment?

A : Batas maksimal ukuran file attachment yang di berikan pada e-mail yaitu sebesar 20 MB

 

8.       Q : Jenis file apa saja yang tidak dapat disisipkan dalam file attachment?

A : Jenis file yang tidak dapat dilampirkan berupa file yang berekstensi .exe

 

9.       Q : Berapa besar kuota e-mail yang didapat setiap akun?

A : Kuota yang diberikan pada setiap akun e-mail yaitu sebesar 1 GB

 

10.   Q : Kenapa e-mail yang diterima masuk ke folder junk?

A : Karena email yang diterima oleh sistem terindikasi spam

 

11.   Q : Bagaimana cara mengatasi agar e-mail yang diterima tidak masuk dalam folder junk?

A : Apabila e-mail yang diterima menurut anda bukan spam, anda dapat memindahkannya ke folder inbox dengan cara klik kanan pada email tersebut dan pilih mark as not spam. Maka e-mail selanjutnya dengan pengirim yang sama akan secara otomatis masuk di folder inbox.

 

12.   Q : Kenapa e-mail tidak bisa untuk mengirim/menerima?

A : Kemungkinan akun e-mail anda terkena/terjangkit spam. Untuk mendapatkan solusinya silahkan menghubungi lembaga infokom divisi jaringan atau ext 178.

 

13.   Q : Indikator Device wireless laptop tidak ada?

A : Pastikan Driver  wireless laptop sudah terinstall.

 

14.   Q : Laptop saya tidak bisa terkoneksi ke layanan UMMHotspot

A : pastikan indikator Wireless dipojok kanan bawah sudah nyala (indikator bertanda bintang kuning)

jika indikator Wireless tanda silang merah, maka aktifkan wifi adapter anda (ex. fn+f2 pada merek laptop tertentu)

setelah konek ke UMMHotspot tapi indikator wireless tanda seru, solusi coba disable kemudian enable pada wireless adapter ()

 

15.   Q : Sudah terkoneksi dengan UMMHotpost tapi tidak muncul halaman login

A : ada kemungkinan tidak dapat IP address atau browser tidak dapat redirect otomatis ke halaman login UMMHotpost, Periksa IP address pada indicator WIFI dan coba iputkan secara manual alamat login portal hotspot http://login-hotspot.umm.ac.id. Jika permasalah masih terjadi silahkan datang ke kantor div. jaringan Lembaga INFOKOM. ext 178

 

16.   Q : Akses ke halaman login selalu ditolak (gagal)

A : Pastikan Username dan Password yang dimasukkan benar. Untuk mahasiswa Username dan PIC yang terdaftar, sedangkan untuk Staff Karayawan/Dosen gunakan Username dan Password email UMM. Pastikan juga username tidak sedang digunakan oleh orang lain.

 

17.   Q : login dan akses layanan web intranet UMM tidak ada masalah, tapi akses ke internet bermasalah?

A : Untuk permasalah seperti ini terjadi pada sisi server di div. jaringan. Silahkan datang ke kantor div. jaringan Lembaga INFOKOM. Gedung ICT lt.2 ( ext. 178)

 

18.   Q : Saya tidak bisa akses layanan Hotspot karena lupa PIC ?

A : datang ke kantor div. jaringan Lembaga INFOKOM, Gedung ICT lt.2 untuk reset dan konfirmasi password baru.

 

19.   Q : Akses internet Lemot di Plaza Gedung ICT

A : untuk mendapatkan akses yang lebih cepat gunakan layanan Hotspot di area yang tidak terlalu banyak penggunanya (ramai), karena kemampuan alat wireless  terbatas untuk beberapa pengguna.

 

20.   Q : Download file diatas 40 MB tidak bisa?

A : Pembatasan download memang kami lakukan, tetapi khusus untuk file dengan extension selain file document ( *.pdf ,*.doc, *.txt dll )

 

21.   Q : Koneksi UMMHotspot dimalam hari hanya bisa di Plaza gedung ICT

A : untuk memudah kontrol dan pengawasan dari satauan pengamanan UMM (Satpam ) maka koneksi yang dibuka 24 Jam hanya di lingkungan Plaza Gedung ICT

 

22.   Q : Indikator device jaringan LAN tidak ada

A : pastikan driver LAN CARD sudah terinstall, jika belum silahkan hubungi div. pengadaan dan perawatan hardware lembaga INFOKOM (ext. 159)

 

23.   Q : Muncul halaman login tetapi tidak bisa login

24.   A :   periksa apakah pengetikkan username dan password sudah benar

       periksa apakah ada muncul pesan "no more sessions are allowed" pada halaman login, jika iya, anda berarti sudah login atau user sedang digunakan

 

25.   Q : Muncul tanda silang atau tanda seru pada lambang komputer di ujung kanan bawah monitor

A : - periksa apakah kabel jaringan sudah terhubung dengan benar dan lampu indicator menyala

-           untuk pengguna windows XP : klik kanan pada 'start' pilih 'explore' lalu cari dan pilih icon "My Network Places", kemudian cek apakah ada icon "computer" yang dalam keadaan di disable (warna icon hitam putih)

-          untuk pengguna windows XP : klik kanan pada 'start' pilih 'explore' lalu cari dan pilih icon "My Network Places", kemudian klik kanan pada icon -> propertis -> double klik Internet Protokol V4 ->  jika ada IP maka kosongkan

26.   Q : Halaman login tidak muncul

A : Periksa apakah komputer mendapatkan IP dengan cara klik kanan pada logo komputer yg ada di pojok kanan bawah seperti yang telah dijelaskan pada langkah sebelumnya dan pilih "status", jika sudah muncul jendela baru, pilih menu "support" yang terletak dibagian atas disebelah "general"

 

27.   Q : Komputer baru saja di instal ulang dan tidak bisa terhubung ke jaringan

A : hubungkan kabel jaringan dengan CPU, dan cek apakah sudah memperoleh IP dengan cara seperti yang telah dijelaskan diatas

 
Shared:
Muhammadiyah