UMM Malang Pertahankan Reputasi Internasional Versi UniRank 2022

Author : Humas | Rabu, 24 Agustus 2022 17:05 WIB | beritajatim.com - beritajatim.com

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Malang (beritajatim.com) – University Ranking (UniRank) keluarkan rilis hasil pemeringkatan terbaru, yaitu edisi Juli 2022. Pada hasil itu, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mempertahankan reputasi internasional.

Diketahui sebelumnya, tahun 2021 lalu UMM juga berhasil menjadi Kampus Islam Terbaik nomor satu tingkat dunia.

Selain itu, UMM telah sukses menyabet berbagai pengakuan internasional dari berbagai lembaga seperti AUN-QA, IABEE, Asean Energy Awards, QS Stars, dan lain-lain. Rektor UMM Dr. Fauzan, M.Pd. mengatakan jika seluruh rekognisi baik di level regional dan internasional sangat penting untuk diraih bagi suatu perguruan tinggi.

Apalagi, kata Rektor, ada banyak aspek yang dinilai dan diakui bagus oleh lembaga pemeringkatan. “Raihan ini juga menjadi sebuah kepercayaan masyarakat atas institusi, dalam hal ini Kampus Putih UMM,” terangnya seperti dilansir dalam laman resmi umm.ac.id pada Rabu (24/08/2022).

Meski begitu, menurutnya rekognisi tidaklah cukup, sebab ada hal lain yang harus diupayakan yaitu pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang punya kemandirian dan skill mumpuni.

“Maka perguruan tinggi tidak boleh lengah. Tidak hanya sekadar menyandarkan pada rekognisi semata, namun juga harus senantiasa berupaya melakukan peningkatan SDM menuju bangsa Indonesia yang lebih maju,” tandasnya Fauzan.

Wujud UMM dalam peningkatan SDM sekaligus sebagai bukti penerapan konsep Kampus Merdeka yaitu dengan membuka sekolah-sekolah keahlian serta Center of Excellence (CoE). Ini juga menjadi jawaban atas kebutuhan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) yang sejauh ini masih kurang.

Upaya itu, menurut Fauzan, untuk menyiapkan generasi Indonesia emas tahun 2045 yang sejalan dengan program CoE UMM. Menurutnya UMM berkomitmen untuk menjamin mahasiswa lulus tepat waktu dengan jaminan peluang kerja dan kemandirian bagi lulusannya.

Sementara itu, Asisten Rektor Bidang Akreditasi Internasional dan Pemeringkatan UMM Drs. Suparto, M.Pd. menilai jika Kampus UMM pada edisi ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan sebelumnya. Hal itu tidak lepas dari peningkatan di berbagai sektor, utamanya website kampus.

“Raihan ini bukanlah sebuah akhir. Perlu adanya pembenahan di sektor-sektor yang masih kurang. Dengan begitu, UMM bisa terus naik dan menjadi universitas dengan reputasi internasional yang mumpuni. Tidak hanya di versi UniRank, tapi juga di versi pemeringkatan perguruan tinggi lain.” Terang Parto.

Pada edisi kali ini kampus yang terletak di Malang itu juga berhasil menduduki nomor enam kampus swasta terbaik se-Indonesia versi UniRank. UMM juga sukses berada di posisi di ke-23 dalam jajaran perguruan tinggi negeri dan swasta seluruh Indonesia. (dan/ted)

Sumber: https://beritajatim.com/pendidikan-kesehatan/umm-malang-pertahankan-reputasi-internasional-versi-unirank-2022/
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image


Shared:

Kategori

Berita Terpopuler