Mahasiswa UMM Gelar Penyuluhan Marketing dan Laporan Keuangan Bagi UMKM

Author : Humas | Sabtu, 28 Mei 2022 | borneonew.co.id - borneonew.co.id

BORNEONEWS, Malang - Dalam kegiatan Pengabdian Masyarkat oleh Mahasiswa (PMM Kelompok 63 Gelombang 3) yang di selenggarankan oleh UMM dengan  tema “Sosialisasi Perluasan Pasar Produk UKM di Desa Tegalgondo”  sukses di laksanakan sebagai mana mestinya. Dalam pelaksanaanya banyak kegiatan yang telah di lakukan di antaranya penyuluhan tentang pentingnya Peran UMKM dalam meningkatkan keuangan desa.

Ketua Koordinator PMM Kelompok  63 Gelombang 3 Juan Baihaki  menjelaskan  bahwa kegiatan tersebut dilakukan sejak 23 Maret - 23 April 2022.

Salah satu anggota dari kelompok 63 menuturkan bahwa “dalam pelaksanaanya UMKM seringkali masih menggunakan sistem yang masih ketinggalan jaman baik dalam pelaporan keuangan maupun dalam Teknik marketing produknya, sehingga bisa menjadi kendala dalam perluasan pasa UKM tersebut” paparnya, Kamis (19/05/2022).

Dilihat pentingnya hal-hal terkait , maka perlu ada penyuluhan lanjutan terkait perluasan pasar agar dapat membedakan pemasukan pengeluan laba dan lain sebagainya, dan juga Teknik marketing yang harus di upgrade tidak hanya di jual di pasar-pasar tradisional tetapi harus merambah ke pasar-pasar digital agar penjualan meluas dan dapat di kenal orang banyak.

“Terlebih banyak dari pelaku UMKM yang tidak mengetahui bagaimana cara mempromosikan produk dengan baik dan benar sehingga menarik perhatian konsumen,” terangnya.

Terlepas dari itu semua sebelumnya dari kelompok 63 ini sudah meakukan survei kepada beberapa UMKM yang paling menonjol di Desa Tengalgondo sehingga kami bisa menyimpulkan apa saja kelemahan-kelemahan yang akan di perbaiki dikemudian hari dan melakukan pembaruan atas apa yang sudah ada terlebih dahulu serta  hampir semua pelaku UMKM memang sudah melakukan promosi akan tetapi masih kurang menarik dan juga tidak adanya pembaharuan dalam hal pengemasan.

“Dari kegiatan tersebut, kami berharap pelaku UMKM dapat menerapkan system marketing ataupun promosi  yang menarik danterus menerus guna menarik lebih banyak perhatian konsumen guna memperluas pemasaran produk yang ditawarkan,” pungkasnya.

PMM Kelomok beranggotakan Nisrina Adzikro Nabilah, Naela Andy Wardani dan Juan Bihaki Amrullah, Nindi Shaumi Novansya, Dhelia Aulia  dibawah  Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Setiya Yunus Saputra, M.pd.

Sumber: https://www.borneonews.co.id/berita/265089-mahasiswa-umm-gelar-penyuluhan-marketing-dan-laporan-keuangan-bagi-umkm
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image


Shared:

Kategori