Urgensi Keamanan Digital UMKM dalam Genggam Pasar Digital

Author : Humas | Minggu, 09 April 2023 08:23 WIB | Harian Bhirawa - Harian Bhirawa

Tren transaksi jual beli di beberapa platform media sosial atau dikenal dengan istilah “social commerce” semakin lazim dilakukan, termasuk dalam perputaran roda bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Hal tersebut menunjukkan UMKM semakin adaptif untuk masuk dalam aktivitas ekonomi digital, sehingga melalui situasi tersebut sudah semestinya pemerintah perlu memberikan support dan apresiasi pada para pelaku UMKM agar terus bisa menggegam pasar digital agar kedepannya UMKM dapat terus berkembang menjadi penopang roda perekonomian.

Supaya UMKM bisa terus berkembang maka pelaku UMKM dituntut meningkatkan kreativitas dalam membangun merek dan menjaga nama baik atau reputasi di pasar digital. Sehingga, penting bagi UMKM untuk menjaga merek dan kualitas, yang mesti sesuai dengan produk. Kalau nama baik di pasar digital bisa dijaga, konsumen akan semakin percaya. Semakin berkualitas, maka akan semakin banyak yang akan memesan produk bermerek dan bisnis akan panjang umur. Intinya, digital marketing merupakan solusi cerdas untuk UMKM agar bisa menggenggam pasar lebih luas.

Namun saat pelaku UMKM berusaha menggegam pasar digital ada hal yang tidak bisa dikesampingkan, yakni kecakapan digital. Termasuk, kejelian dan kesiapan membaca peluang secara cepat dengan tetap menjaga kualitas. Kejelian diperlukan, karena pola marketing era digital berada di lokapasar yang sangat beragam, sehingga pelaku UMKM mesti menyesuaikan dan berhati-hati dalam memanfaatkan perangkat digital. Keamanan digital memang soal serius yang mesti diperhatikan pelaku bisnis digital. Apalagi, menurut catatan survei Kemenkominfo penghuni jagat digital makin berjubel. Perangkat mobile yang terhubung naik 3,6 persen dari 345 juta pada 2021 menjadi 370 juta pada 2022.

Itu artinya, penguasaan digital marketing tentu mesti diperhatikan bagi pelaku UMKM terutama kecakapan digital. Pasalnya, tidak semua punya niat berbisnis dan menangkap peluang bisnis, sehingga jangan sembrono berbagi data pribadi di ruang digital. Kalau perlu, tambahnya, password akun bisnis mesti dilengkapi pengamanan two factor autentification. Lalu, jangan mudah menggunakan wifi di ruang publik, apalagi untuk bertransaksi bisnis.

Novi Puji Lestari
Dosen FEB Universitas Muhammadiyah Malang.

Sumber: https://www.harianbhirawa.co.id/urgensi-keamanan-digital-umkm-dalam-genggam-pasar-digital/
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image


Shared:

Kategori

Berita Terpopuler