PMM UMM Bantu Tingkatkan Kualitas Keuangan TK Sahabat Ananda

Author : Humas | Kamis, 17 Agustus 2023 18:48 WIB | Jawa Pos - Jawa Pos

MENGABDI: Mahasiswa PMM UMM kelompok 160 gelombang 6 mengabdi di TK Sahabat Ananda, Dau, Kabupaten Malang (PMM UMM)

MENGABDI: Mahasiswa PMM UMM kelompok 160 gelombang 6 mengabdi di TK Sahabat Ananda, Dau, Kabupaten Malang (PMM UMM)

MALANG – Sejumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah (UMM) yang melakukan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa (PMM) membantu memperbaiki sistem keuangan di TK Sahabat Ananda, Jalan Jambu, Dusun Semanding, Sumbersekar, Kecamatan Dau Kabupaten Malang.

Para mahasiswa di bawah bimbingan dosen Muhammad Khoirul Fuddin SE ME itu merupakan kelompok 160 gelombang 6 yang beranggotakan lima orang yakni Krisna Arya Wijaya, Fahreza Eka Prayoga, Fabian Reyhan Augustyo, Rani Kurniawati, dan Dita Rahma Putri.

PENDAMPINGAN: Para mahasiswi PMM UMM saat memberikan materi tentang sistem administrasi keuangan.

Menurut Krisna Arya Wijaya, selama ini TK Sahabat Ananda memiliki masalah dalam pelaksanaan operasionalnya. Di TK tersebut tidak membuat laporan keuangan dan sistem keuangan yang kurang tertata dengan baik. Pendanaan sekolah hanya bertumpu pada keluar masuknya SPP dan DPP para siswa. “Padahal pembuatan laporan keuangan sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan operasional keuangan sebuah lembaga, agar kinerja keuangan lebih terstruktur dan tertata rapi,” kata  Krisna.

Melihat permasalahan tersebut, kelompok PMM 160 membuat program kerja berupa literasi keuangan kepada guru TK Sahabat Ananda. Harapannya  para guru TK Sahabat Ananda yang mengelola bagian keuangan dapat melakukan penyusunan laporan keuangan yang berfungsi untuk memudahkan kegiatan mengelola TK.

Sehingga dapat diketahui kondisi riil keuangan lembaga yang dikelola, meningkatkan kemampuan dalam mengendalikan keuangan, dan mengevaluasi kinerja keuangan. “ Kami  melakukan pelatihan tentang materi akuntansi dasar dan membuat laporan keuangan sederhana, serta pelatihan tentang cara menggunakan Microsoft Excel dan pelaporan keuangan terkomputerisasi,” jelas dia. 

Menurut Krisna, pelaksanaan program yang pertama yakni mengenai akuntansi dasar dan cara membuat laporan keuangan sederhana total dilaksanakan selama empat hari. Pada hari pertama (30/07/23) mahasiswa PMM melakukan pemaparan materi. Kemudian dilanjutkan pada hari kedua hingga keempat (31/07/2023) hingga (02/08/2023) yakni dengan pendampingan dan pelatihan dalam pembuatan laporan keuangan secara manual.

Kegiatan pemaparan materi dilakukan di awal karena ingin memberikan pemahaman dasar kepada guru-guru TK mengenai akuntansi, perlu disadari bahwa guru-guru tersebut tidak memiliki latar belakang pengetahuan mengenai hal tersebut. Para guru pun menyambut dengan baik.

“Kita harus bisa menyelesaikan masalah yang paling dasar terlebih dahulu sebelum terlanjur dalam kesalahan yang lebih jauh,” ujar salah satu guru bidang administrasi.

Sehingga kegiatan pendampingan dan pelatihan diawali dengan diskusi dengan guru yang menangani bagian keuangan/administrasi untuk mencari solusi dari masalah laporan masuk dan keluar yang tidak terorganisir dengan baik. Pada hari selanjutnya kegiatan yang dilakukan yakni memperbaiki laporan pemasukan dan pengeluaran terlebih dahulu, sebelum membuat laporan keuangan lainnya yang lebih kompleks. Pada hari terakhir pendampingan dan pelatihan kegiatan yang dilakukan yakni membantu proses pembukuan dengan melakukan pencatatan pengeluaran secara manual.

Program yang kedua yakni, pelatihan tentang cara menggunakan aplikasi Microsoft Excel dilakukan dalam kurun tiga hari. Pada hari pertama (05/08/23) dimulai dengan pemaparan materi terlebih dahulu. Materi yang dipaparkan berupa rumus-rumus dasar Micorosoft Excel yang sering digunakan dalam pembuatan laporan keuangan dan mengolah data, serta format laporan keuangan dalam bentuk Microsoft Excel. Kemudian pada hari berikutnya yaitu tanggal (06/08/2023) s.d (07/08/2023) melakukan pendampingan dan pelatihan menggunakan Microsoft Excel.

Terkait dengan program yang kedua ini terdapat dua kegiatan yang dilakukan yakni pertama melakukan input data pembayaran dan pengeluaran dengan Microsoft Excel dan yang kedua melakukan pendampingan terkait rumus-rumus yang digunakan pada data pembayaran siswa TK dengan guru bagian administrasi. Program pembuatan laporan keuangan dilakukan secara bersamaan menggunakan Microsoft Excel, agar waktu yang ada dalam pelaksanaan program lebih efektif. “Kami membantu pihak TK dalam membuat laporan keuangan berupa laporan laba rugi, perubahan modal, dan neraca (posisi keuangan),” ujar Rani Kurniawati salah satu anggota PMM.

Hasil dari pelaksanaan dua program kerja tersebut ada tiga. Pertama, kondisi pembukuan mengenai laporan pemasukan dan pengeluaran lebih terorganisir dengan baik. Kedua, guru yang mengelola keuangan/administrasi memperoleh wawasan baru mengenai penggunaan rumus-rumus Microsoft Excel yang digunakan untuk mengelola DPP dan SPP siswa.  Ketiga, guru yang memegang bagian keuangan/administrasi dapat mengetahui cara membuat laporan keuangan dengan dibantu oleh mahasiswa.

Diharapkan setelah adanya kegiatan ini hal tersebut dapat berguna pada periode pembukuan yang akan datang. Sehingga guru bagian keuangan/administrasi dapat melakukan perencanaan dengan matang untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dalam mengambil keputusan.(adv/lid)

Sumber: https://radarmalang.jawapos.com/kabupaten-malang/812752039/pmm-umm-bantu-tingkatkan-kualitas-keuangan-tk-sahabat-ananda
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image


Shared:

Kategori

Berita Terpopuler