Fortuna Creative Komunikasi UMM Sukses Tayangkan Berita secara Langsung

Author : Humas | Selasa, 02 Januari 2024 09:08 WIB | KlikMu.co - KlikMu.co

Fortuna Creative berhasil menayangkan berita secara langsung lewat For TV. (Komunikasi UMM/KLIKMU.CO)

Malang, KLIKMU.CO – Mahasiswa peminatan Journalism and Media Studies Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang tergabung dalam tim Fortuna Creative berhasil menayangkan program berita secara on air. Siaran langsung itu tayang di kanal YouTube Komunikasi UMM, Sabtu (30/12/2023), pukul 09.00 WIB.

Melalui For TV, program berita yang diangkat bertema otomotif dengan nama On The Wheels. Program ini menyajikan berbagai berita yang dikemas menarik dan variatif.

Unique Selling Point program On The Wheels menayangkan berita yang mendukung kesadaran sosial dan berfokus program SDGs. Salah satunya adalah berita indepth dengan judul “Kendaraan Listrik: Solusi Bagi Polusi?” yang sejalan dengan SDGs ke-17, yaitu climate action.

Terdapat tiga segmen pada on air yang berlangsung selama 40 menit itu. For TV mendesain studio dengan nuansa otomotif menggunakan perlengkapan seperti motor dan rambu-rambu lalu lintas.

Ada berita advertorial atau brand journalism pada segmen kedua. Berita itu adalah hasil kolaborasi dengan Museum Motor Klasik SMK NMC. Tujuannya untuk memperkenalkan Museum Motor Klasik SMK NMC sebagai museum dengan koleksi motor klasik terbanyak di Kota Malang.

On air journalism adalah tugas akhir dari mata kuliah praktikum pada peminatan jurnalistik. Tahun ini praktikan jurnalistik melakukan kolaborasi bersama dua kelompok dari peminatan lain untuk menghasilkan project collaborative yang ditujukan untuk klien yang sama.

Sebelumnya, Fortuna Creative telah melalui berbagai proses yang ada. Mulai riset, penentuan program, liputan, editing, rehearsals, hingga on air sebagai bentuk akumulatif dari tugas sebelumnya. Sebagai kelompok, Fortuna Creative memiliki banyak tantangan yang harus diselesaikan secara kolektif.

“Alhamdulillah, hari ini Fortuna Creative sudah menunjukkan karyanya secara maksimal. Banyak tantangan yang sudah kita hadapi bersama baik dari pra-on air sampai hari ini. Untuk hari ini, kita on air selama 40 menit. Intinya sekarang terima kasih untuk semuanya, untuk dosen, asprak, dan yang tercinta anggota Fortuna,” ujar Hafidz setelah melaksanakan on air.

Fortuna Creative terdiri atas sembilan anggota. Hafidz Janu Tedja Sakti sebagai Program Director, Sonia Fitriani sebagai Floor Director, Raja Afura dan Shalamah Syaharbanu sebagai News Anchor, Galih Prasaja sebagai Switcher, Moh. Yusran sebagai Grafis, Resha Pramudya sebagai Soundman, serta Affan Nur Izza dan Nia Rahayu sebagai Camera Person.

Kemudian, penilaian on air dilakukan oleh tiga dosen penguji. Yaitu, Widiya Yutanti, Aditya Dwi Putra Bhakti, Rohmah, dan tiga asisten praktikum.

Sementara itu, Widiya Yutanti mengapresiasi kekompakan tim serta memotivasi untuk terus belajar dari apa yang sudah dijalankan di Praktikum Jurnalistik 2 ini.

“Terlepas dari keberhasilan yang diraih oleh Fortuna, saya berpesan untuk terus belajar dari apa yang telah dilaksanakan di Praktikum Jurnalistik 2 ini, baik itu nanti di praktikum berikutnya ataupun nanti ketika mungkin kalian bekerja di suatu perusahaan media,” ujarnya.

Menurut dia, kerja sama dalam menjalankan tugas, kolaborasi, serta proses yang dijalankan oleh Fortuna Creative adalah bentuk implementasi dari tagline Komunikasi UMM, yaitu Creative Communicative Collaborative.

(AS)

Sumber: https://klikmu.co/fortuna-creative-komunikasi-umm-sukses-tayangkan-berita-secara-langsung/
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image


Shared:

Kategori

Berita Terpopuler