MALANG - Ulang tahun perak atau 25 tahun Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) bakal dirayakan sangat meriah. Jurusan yang tergolong terlaris di UMM ini mencanangkan tema Communination: The Spirit of Nationality Revolution.
“Tema ini dimaksudkan untuk membangkitkan rasa kebangsaan melalui karya-karya mahasiswa Komunikasi,” kata ketua Jurusan Frida Kusumastuti.
Jurusan Komunikasi UMM tergolong jurusan paling tua di Jawa Timur. Kelahirannya hampir bersamaan dengan Komunikasi Universitas Airlangga Surabaya, tahun 1986 lalu. Dengan usia itu, Komunikasi UMM pantas menyandang kuat akreditasi A hingga saat ini. Nilai akreditasi itu ditunjang dengan fasilitas laboratorium dan dosen paling representatif.
“Kita berani bersaing dengan Komunikasi di universitas lain. Kami sudah membuktikan dengan kualitas lulusan dan prestasi mahasiswa di tingkat lokal, nasional bahkan internasional,” kata Frida bangga.
Alumni Komunikasi memang dikenal dimana-mana. Mereka tersebar hampir di semua media massa, perusahaan, instansi pemerintah. Tak jarang diantara mereka meraih posisi tertinggi di perusahaannya. “Alhamdulillah, alumni kita masih terus menjalin komunikasi dengan kami jadi bisa diketahui sejauh mana penerimaan stakeholder pengguna lulusan,” terang Frida.
Puncak acara diselenggarakan Selasa (07/05) dapan di UMM Dome dengan acara gathering dan malam seni serta pengaugerahan juara beberapa kompetisi. Sebelumnya, peringatan Ultah diawali dengan lima event yang dikelola oleh Jurusan bekerja sama dengan Eskalator PR Komunitas yang dibentuk oleh mahasiswa.
Kelima event itu adalah, PR Addiction dengan tema “Communicate Your Nationality.” Merupakan kompetisi antar mahasiswa secara nasional dalam membuat program PR untuk membangun Indonesia lebih baik. Program ini diikuti 22 tim kontestan dari 13 perguruan tinggi. Lalu, Advertising Award dengan tema “The Spirit of Nationality” yaitu kompetisi mahasiswa nasional di bidang advertising bekerja sama dengan Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) Jatim. Pendaftar sebanyak 45 karya iklan dari mahasiswa 17 Perguruan Tinggi.
“Kedua kompetisi tersebut dinilai oleh juri-juri yang kompeten di bidangnya,” jelas Ketua Panitia acara, Nisa Amelia. PR Addiction akan dijuri oleh Aqua Dwipayana dari Image PR Consultant, Indira Abidin dari Fortune PR, dan Widi Nugroho Sohib Head of PR SOHO Group. Sedangkan Ad Award mengundang juri Arif Budiman- ECD, MD Petakumpet advertizing Networks, Djito Kasilo dari Strategic Planning Consultant Dwi Sapta, dan M.Mufid – Ketua P3I Jatim.
Selain dua kompetisi, rangkaian ulang tahun Komunikasi juga menyelenggarakan Workshop Periklanan “How To Create Good Advertising” dan serta Seminar “Cinta Indonesia via Social Media” dengan pembicara artis dunia maya Rahne Putri-pemilik akun @Anjing Gombal dan Indira Abidin.(oci/eno)