Seminar Hasil Lesson Study Tahun III-JPMIPA FKIP UMM
MALANG - Jurusan Pendidikan MIPA (Prodi Pendidikan Biologi dan Pendidikan Matematika) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Malang melalui program Lesson Study sukses membawa perubahan di sejumlah sekolah. Implementasi program lesson study tahun ke 3 telah berhasil mendorong sekolah mitra di Malang Raya melaksanakan leson study berbasis sekolah serta melahirkan komunitas belajar.
Hal tersebut terkuak dalam gelaran seminar hasil lesson study yang digelar JPMIPA FKIP UMM, (25/12/13). “Lesson Study di JPMIPA FKIP telah memasuki masa ekspansi, setelah sukses memperluas implementasi ke jurusan Non MIPA di lingkungan FKIP kini merambah ke sekolah mitra di Malang Raya,” ungkap Dekan FKIP UMM, Dr. Poncojari Wahyono, M.Kes kepada Malang Post.
Seminar hasil lesson study ini menjadi barometer kualitas pembelajaran di kampus dan di sekolah dengan mewujudkan proses belajar mengajar yang bertanggung jawab. Pengendalian mutu pembelajaran yang sebenar benarnya adalah dilakukan dengan mengimplementasikan Lesson Study di kampus maupun berbasis sekolah. Lesson study adalah bagian integral dari penjaminan mutu sebab didalamnya dibangun komunitas belajar yang sangat mengedepankan iklim keterbukaan dan penguatan inovasi pembelajaran.
Komitmen yang kuat untuk membangun komunitas belajar dengan memperluas implementasi Lesson Study kini diarahkan ke sekolah mitra. Perluasan ini dilakukan kepada jurusan Non MIPA dan sekolah mitra. JPMIPA juga mempelopori terbentuknya komunitas belajar untuk perguruan tinggi dan sekolah Muhammadiyah di Jawa Timur.
Sebagai tindak lanjut dari sosialisasi dan workshop yang telah melibatkan Universitas Muhammadiyah se Jawa Timur dan sekolah mitra se Malang Raya pada awal tahun 2013 yang lalu, pada akhir tahun 2013 ini melaksanakan seminar hasil. Seminar hasil implementasi lesson study ini menghadirkan Pembina LS Nasional, DR. Ibrohim, MSi. dari Direktorat BELMAWA Dikti.
Pada seminar hasil lesson study ini, panitia memberikan kesempatan kepada 15 presenter yang mewakili 95 tim dosen JPMIPA dan 35 guru dari sekolah mitra yang teribat dalam implementasi lesson study selama tahun 2013. Salah satu hasil iplementasi lesson study di JPMIPA adalah pada matakuliah embriologi dan perkembangan hewan yang diampu oleh DR. Rr. Eko Susetyorini, M.Si, dan team mata kuliahnya.
Hasil implementasi menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa meningkat tajam dibandingkan dengan sebelum diimplementasikan lesson study. Pada matakuliah sumber belajar dan media pembelajaran yang diampu oleh DR. Yuni Pantiwati, M.Pd., kemampuan berpikir kritis menjadi fokus yang diamati dan diikuti perkembangannya selama implementasi lesson study. Tim matakuliah ini melaporkan bahwa kemampuan berfikir kritis pada mahasiswa menunjukkan terjadinya peningkatan yang menggembirakan.
Di salah satu sekolah mitra, implementasi lesson study yang dilakukan pada mata pelajaran biologi yang dibina oleh Dra. Sri Subekti, M.Pd. dari SMA Negeri 2 Batu berhasil meningkatkan ketrampilan sains peserta didiknya. Ketrampilan sains yang menjadi focus dalam pelajaran biologi ini sesuai dengan misi kurikulum 2013 yang menekankan pada pembelajaran dengan pendekatan saintific approach. Ketrampilan dasar sains meliputi melakukan observasi, mengumpulkan data, mengorganisasikan data maupun ketrampilan lanjut meliputi menganalisis, mensintesis dan menyimpulkan pada peserta didik menunjukkan peningkatan.
Pionerisasi UMM dalam lesson study telah diakui di tingkat nasional. Kini saatnya FKIP UMM berpartisipasi aktif untuk menciptakan komunitas belajar dikalangan PTM dan sekolah Muhammadiyah di Jawa Timur.
Ketua pelaksana Lesson Study FKIP UMM Dra. Sri Wahyuni, M.Kes. menyatakan bahwa Lesson Study diyakini sebagai pembinaan profesi yang dilakukan secara kolegial dan berkesinambungan. Pembinaan profesi ini utamanya terkait dengan peningkatan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan melalui kegiatan Plan, Do dan See secara terbuka.
Ketua tim Pembina LS FKIP UMM Drs. Nurwidodo, M.Kes menegaskan Lesson Study merupakan suatu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun learning community. Lesson study menegakkan Iklim keterbukaan dalam pembelajaran. Iklim keterbukaan ini memungkinkan terimplementasikannya tanggung jawab profesi yang harus selalu melakukan inovasi pembelajaran sehingga tercipta suasana belajar yang efektif dan menyenangkan.