MALANG-Setelah sukses meraih sertifikat ISO untuk Biro Akademik, Biro Kemahasiswaan dan Biro Keuangan, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali menata diri untuk meraih ISO manajemen laboratorium. Pelatihan Manajemen Laboratorium Berbasis ISO 17025:2005 dilangsungkan, Sabtu (10/3).
Pembantu Rektor I, Prof. Dr. Sujono mengatakan, perlu dilakukan pembenahan serta peningkatan kualitas pelayanan demi kemajuan UMM.
“Kita perlu meningkatkan lagi mutu pelayanan di segala bidang, termasuk pelayanan di seluruh laboratorium yang ada di UMM,” ungkap Sujono.
Lebih lanjut Sujono menambahkan tujuan dari pelatihan ini ialah agar laboratorium yang ada di UMM memiliki pelayanan berstandar internasional khususnya laboratorium yang melayani pelayanan publik.
Pelatihan yang diikuti oleh seluruh kepala laboratorium UMM ini menghadirkan pemateri dari ASBIndo selaku konsultan ISO 17025:2005. Bernard selaku pemateri menyampaikan bahwa untuk memiliki standar Internasional, sebuah laboratorium harus melakukan pembenahan di segala aspek.
“Perlu pembenahan tidak hanya pada peralatan laboratorium, tetapi juga mutu pelayanan juga harus dibenahi,” ujar Bernard.
Bernard menyampaikan salah satu standar ISO 17025:2005 ialah Laboratorium harus mengupayakan umpan balik baik positif maupun negatif dari customer secara langsung.
“Umpan balik tersebut digunakan sebagai bahan analisa untuk meningkatkan sistem manajemen, pelaksanaan pengujian dan kalibrasi serta pelayanan kepada kustomen,” ungkap nya.
Selain itu, beberapa standar yang harus dipenuhi oleh sebuah laboratorium sesuai dengan ISO 17025:2005 yakni proses komunikasi dalam laboratorium dapat berjalan dengan baik dan efektif sesuai dengan sasaran dari sistem manajemen. Komitmen manajemen laboratorium pada kesesuian dengan standar internasional dan untuk peningkatan secara terus menerus terhadap efektivitas sistem manajemen. Selain itu laboratorium harus secara terus menerus meningkatkan efektivitas sistem manajemennya berdasarkan kebijakan mutu, sasaran mutu, hasil audit, analisa data, tindakan perbaikan dan pencegahan dan kaji ulang manajemen. (oci/jon)