Digelar di UMM Malang, Kenalan Yuk Sama si Panji Maskot PIMNAS 2022

Author : Humas | Jum'at, 25 November 2022 18:43 WIB | medcom - medcom

Si Panji, Maskot Pimnas 2022. Foto: UMM

Malang: Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-35 bakal diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Kota Malang, Jawa Timur, pada 30 November hingga 4 Desember 2022 mendatang. Gelaran akbar ini bakal dihadiri ribuan peserta dari berbagai daerah dan perguruan tinggi di Indonesia.
 
Kepala Biro Informasi dan Komunikasi (Infokom) UMM, Suyatno, mengatakan UMM telah menyiapkan berbagai hal agar rangkaian acara PIMNAS bisa berjalan dengan baik. Salah satu yang menarik yaitu maskot dan logo PIMNAS 35 yang diberi nama Si Panji.
 
Suyatno menerangkan, maskot Si Panji ini memiliki nilai filosofis yang menarik. Helm astronot menggambarkan mahasiswa sebagai ilmuwan, sedangkan topeng panji menjadi simbol kesenian daerah Malang, yaitu tari topeng Malangan dengan tokoh utama seorang ksatria bernama Panji Asmoro Bangun.


“Tokoh ini merupakan kesatria yang ceras, lembut hari, bijaksana, serta tegas dalam mengambil keputusan. Wajahnya yang berwarna hijau menjadi cermin akan sifat-sifat tersebut,” kata Suyatno, Jumat, 25 November 2022.
 
Pria yang juga dosen UMM itu menambahkan, jas dan dasi yang dikenakan oleh sosok pada maskot ini juga memiliki arti tersendiri. Dua item itu menggambarkan profesionalitas mahasiswa sebagai kaum intelektual dan calon pemimpin masa depan. 
 
Selain itu, ada juga pakaian penari topeng malang yang menjadi visualisasi dari Malang Raya. Kemudian yang terakhir adalah sepatu yang merepresentasikan kaum intelektual yang mengedepankan etika, estetika, dan kesantunan.
 
“Kami memilih maskot Si Panji dengan harapan semua mahasiswa peserta PIMNAS yang datang dari penjuru negeri dapat mewarisi kecerdasan dan sifat-sifat baik dari Panji Asmoro Bangun. Selamat berkompetisi dengan sehat, semoga mendapatkan hasil terbaik dari usaha-usaha yang diupayakan,” ungkap Suyatno.
 
PIMNAS merupakan agenda resmi tahunan Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam bidang penalaran untuk memperlombakan karya ilmiah mahasiswa tingkat nasional. Event ini merupakan salah satu penjabaran dari program Pusat Prestasi Nasional untuk menciptakan iklim akademis yang kompetitif di kalangan mahasiswa Indonesia. 
 
Event ini merupakan puncak kegiatan ilmiah mahasiswa berskala nasional dan diselenggarakan di perguruan tinggi yang ditetapkan Pusat Prestasi Nasional atas kesediaan dan kesepakatan seluruh pimpinan perguruan tinggi. PIMNAS sebagai forum pertemuan ilmiah dan komunikasi produk kreasi mahasiswa, diikuti oleh mahasiswa atau kelompok tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

 

Sumber: https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/ybJQBWWN-digelar-di-umm-malang-kenalan-yuk-sama-si-panji-maskot-pimnas-2022
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image


Shared:

Kategori

Berita Terpopuler