Pemasaran Terhadap Hasil Ternak di Era Modern

Author : Humas | Minggu, 07 Januari 2024 08:31 WIB | memoX - memoX

M. Yusron Firdaus

Oleh: M. Yusron Firdaus, Jurusan Peternakan, Universitas Muhammadiyah Malang

MEMOX.CO.ID – Sejarah panjang yang berkaitan dengan peristiwa penting di dunia peternakan dan dalam proses pembangunan peternakan di tanah air kita, menjadikan pemerintah menetapkan 26 agustus itu sebagai hari peternakan rentang waktu yang cukup panjang/lama diawali dengan mulai tergeraknya pemerimtahan mengurus di dalam bidang peternakan tersebut dengan memulai melakukan pendataan terhadap ternak ruminansia contohnya terhadap sapi, kerbau, kambing, dan domba pada tahun 1778.

Pemasaran hasil ternak di Indonesia banyak di jumpai di pasar pasar duni terutama di negara Indonesia hasil pemasaran tersebut biasnya berada di dalam pemasaran era tradisional dan era modern saat ini permintaan akan produk hasil ternak cukup tinggi, baik di gunakan untuk konsumsi di dalam rumah tannga maupun rumah makan. Hasil produk ternak yang banyak di jumpai sehari hari adalah biasanya berupa daging, telur dan tak lupa juga susu pemasaran hasil ternak berupa daging biasanya langsung di di pasarkan hanya memiliki jangka waktu pendek, misalnay pada daging tanpa perlakuan khusus hanya kuat selama satu hari jika melenbihi dari satu hari biasanya daging akan mengalami kekurangan kualitas daging dan bisa juga membusuk, susu pun demikian jika tidak di lakukakn proses apapun dan tidak di tangani sekali pun dalam satu hari susu akan mudah terkontaminasi zat lain dan susu juga mudah membusuk, beda dengan telur kalu telur biasanya kuat selama satu minggu karena telue memiliki pelindung atau cangkang yang membantu telue bisa lebih lama dalam pengawetan dan melindungi dari campuran zat lain.

Pemasaran adalah suatu sistem dari kegiatan bisnis yang di tunjukan untuk merencanakan atau menentukan suatu harga dari hasil produksi ternak. Biasanya bisa dilakukan dengan melaukan promosi, dan mendistribusikan barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan pembeli tersebut. Pemasaran yaitu perencanaan penentuan suatu harga dari hasil peternakan, promosi dan distribusi gagasan. Sistem pemasaran adalah untuk memaksimalkan kepuasan konsumen, memuaskan pilihan konsumen dan juga memaksimslkan ketersediaan dari produk hasil ternak tersebeut

Pada jaman sekarang tidak sulit untuk melakukan pemasaran hasil ternak apalagi sekarang kita juga memasuki zaman yang bisa di namakan modern atau zaman yang sudah canggih. Biasanya pada hari raya idul adha permintaan daging meningkat begitu tajam sehingga berpengaruh terhadapa kenaikan herga di zaman/di era moderem kitab isa lebih mudah untuk menjual pemasaran hasil ternak tersebut bisa di pasarkan melalui media/ online seperti faccebok whatsahp ig dan lan lain lain, kenapa saya bisa bi;ang seperti itu dengan adanya teknologi di zaman sekarang kita hanya perlu memfidio mana yang mau di pasarkan dari hasil ternak tersebut dan kitab isa langsung mengirim fidio tersebut seccara online dan kita perlu susuh oaya untuk dating ke pasar peternakan untuk mencari pembeli.

Begitupun dalam hasil produksi di ternak perah di perternkan di ternak perah biasanya hasil produksi susu tersebut biasanya ada yang di olah seperti susu pasteurusasi, youghurt, naget susu, dan permen susu, di era modrn ini kita sangat mudah untuk menjual terhadapa hasil yang di peroleh dari ternak tersebut kita  bisa menjual hasil ternak tersebut dengan menngunakan metode yang sama tadi dengan cara online secara dunia maya denga kiat mempostring hasil oalahan yang telah kita buat seperti susu pasteurisasi, naget susu ,youghurt dan permen tadi kita haru memanfaatkan pemasaran di era modern ini dengan sebaik mungkin kenpa bisa begitu karena kita lebih mudah dalam pemasaran tersebut kita bisa lakukan dengan cara online atau membuat fidio agar pelanggan bisa tertarik pada hasil ternak yang sudah kita jadikan produk tadi

Begitupun juga dalam hasil produksi ternak unggas biasanya ternak ungga bisa di ambil dari daging dan telur untuk menjual di era modern ini kita bisa menjual dengan cara online dengan memosting sama halnya dengan tadi dari hasil ternak perah dan daging ruminansia di posting di media sosial dengan memberikan petunjuk cara membeli secara onlin dan bisa di katakana dengan membeli secara gaul di era modrn kita pertama bisa menjual secara praktis dan simple pembeli juga bisah lebih mudah untuk membeli lewat hp tidak perlu susah susah untuk keluar dan bisa mengandalkan lewat online tersebut kita juga kalua bisa menjual dengan harga yang lebih murah tapi bukan dalam artian kita rugi kita menjual lebih murah juga kita dapat lebihh mudah mengases pertama pembeli karena di Indonesia warga akan memilih barang yang berkualitas bagus dan bermanfaat di tambah kagi dangan harga yang murah atau terjangkau.

Menurut pendapat ahli Wiliam j.Tanton pemaaran adalah uatu keeluruhan dari kegiatan kegiatan bini yang di tunjuk untuk merencanakan, menentukan harga, mempromoikan dan menditribukan barang dan jaa yang memuakan kebutuhan baik kepada pembeli maupun pembeli yang potenial(Wiliam 20130.

Harga dalam pemasaran produk mengapa sangat penting untuk di kuasai dan di pahami secara teliti karena harga berpengaruh dalam kemajuan dalam pemasaran untuk menentukan maju atau mundurnya suatu usaha yang di lakukan oleh seseorang yang melakukan pemasaran secara online, demikiam juga dengan harga produk yang di hasilkan oleh ternak salah satu aspek pendukung pemasaran hasil ternak tersebut adanya jaminan harga yang layak yang dapat memberikan keuntungan dalam pengusaha pemasaran hasil ternak yang bersangkutan hasil pengeluaran yang di harapakan dalam pemasaran ternak ini adalah berupa daging susu dan telur dan produk sampingan lainya telur dan juga daging adalah merupakan komoditif yang sepenuhnya di arahkan untuk memenuhi kebutuhan k onsumsi protein hewani bagi masyarakat konsumen di era modern ini. namun dengan hasil ternak berupa susu juga sama bepengaruh juga dalam kebutuhan sehari hari bagi rumah tannga, di lakukan pemasaran hasil produksi ternak di era modrn berfungsi untuk memberikan pelayanan dengan baik. (*)

Sumber: https://memox.co.id/pemasaran-terhadap-hasil-ternak-di-era-modern/
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image


Shared:

Kategori

Arsip Berita

Berita Terpopuler