Malang, SERU.co.id – Staf Humas Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Hassanalwildan Ahmad Zain meraih juara di Anugerah Humas Diktiristek (AHD) LLDikti VII Jatim akhir Juli lalu. Ia berhasil memenangkan peringkat pertama kategori insan Humas terpopuler Jawa Timur.
Wildan, begitu sapaannya mengaku, prestasi yang ia dapatkan tidak mungkin dicapai tanpa dukungan tim Humas UMM yang membantunya dalam proses seleksi kompetisi kategori ini. Mulai dari memberi masukan, pertimbangan konten, hingga membantu menyusun hal-hal yang dibutuhkan . Hal penting lainnya adalah upayanya yang terus menginformasikan program program seperti Merdeka Belajar Kampus Merdeka, dana padanan, hingga IKU.
“Ribuan tulisan yang saya tulis baik itu berupa berita maupun artikel telah termuat di berbagai media cetak dan online. Termasuk tulisan-tulisan yang membahas mengenai MBKM. Itu bisa menjadi dasar dan bekal saya dalam memenangkan kompetisi ini, khususnya di aspek insan Humas,” seru Wildan.
Menurut pria murah senyum itu, ajang tersebut sangat baik dan bisa menjadi wadah kompetisi bagi kampus-kampus, sekaligus memotivasi kampus untuk mengembangkan diri dan menjadi lebih baik. Selain itu juga menjadi wadah silaturahmi yang bermanfaat.
“Ini menjadi bukti kerja keras dan cerdas teman-teman tim Humas,” tuturnya.
Selain kategori Insan Humas Terpopuler, UMM juga berhasil memperoleh juara pertama kategori media sosial dan juara kedua kategori laman. Prestasi itu tentu saja diapresiasi kepala Humas UMM Dr. M. Isnaini MPd. AHD merupakan ajang yang mampu menstimulasi kampus, utamanya unit Humas untuk meningkatkan kualitasnya.
“Kami menyiapkan semua syarat dengan serius dan tertata. Tentu target kami bisa mendapatkan juara di berbagai kategori dan alhamdulillah bisa terwujud,” katanya.
Isnaini menambahkan, UMM sudah dari lama mengampanyekan program unggulan pemerintah seperti MBKM, termasuk agenda dunia seperti SDGs. Tim Humas UMM juga senantiasa melakukan publikasi di media, baik online maupun cetak. Ditambah lagi dengan produksi video-video menarik yang ditayangkan melalui platform TikTok, Instagram, Youtube, X, hingga Facebook di akun resmi kampus.
“Strategi dan objek branding kami juga termasuk program Center of Excellence (CoE) garapan UMM yang berhubungan erat MBKM, serta konsen di aspek SDGs. Semoga ini bisa jadi motivasi bagi humas-humas lain agar bisa menjadi lebih baik,” tandasnya. (dik/mzm)