Jurus Menikah

Author : Humas | Selasa, 30 November 2010 07:21 WIB | Surya - Surya

Danang Setyo Budi Baskoro

Mahasiswa Magister Profesi Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang

 “Ogah kawin muda…” sepenggal kalimat dalam iklan yang dibintangi Shinta dan Jojo berseliweran di televisi belakangan ini. Kalimat yang disampaikan di iklan tersebut cukup menggelitik dan mengandung makna menarik selain bintang iklannya sendiri.

Iklan yang dibintangi kedua artis pendatang baru ini menggambarkan kehidupan keluarga pasangan yang masih sangat muda dan sudah memiliki beberapa anak. Program itu menggambarkan tentang perkawinan usia muda dan beragam persoalan yang menghampiri ketika pernikahan tidak dipersiapkan baik dan matang. Slogan genre, singkatan dari generasi berencana dicanangkan BKKBN melalui iklan tersebut, menegaskan perkawinan harus direncanakan.

Meski cinta adalah anugerah yang harus disyukuri dan pernikahan adalah jalan yang dapat diterima norma dalam masyarakat untuk mempersatukan kedua insan hidup bersama dan melanjutkan keturunan. Namun demikian, menikah bukan perkara mudah. Pernikahan hendaknya memerlukan persiapan cukup matang, tak hanya materi, pangan dan papan, akan tetapi juga persiapan mental dan kematangan emosi pasangan. Kematangan emosi diperlukan untuk membangun rumah tangga. Bekal ini diperlukan karena dalam perjalanan rumah tangga kerap datang ujian.

Meski pemerintah telah mengupayakan berbagai kebijakan tentang perkawinan melalui Keluarga Berencana, ataupun undang-undang perkawinan, sebenarnya tugas kita sebagai generasi bangsa untuk lebih bijak merencanakan dan mempersiapkan perkawinan secara matang, sehingga dapat tercipta kebahagiaan dan keharmonisan rumah tangga seperti yang diinginkan.

Sumber: http://www.surya.co.id/2010/11/30/jurus-menikah.html
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image


Shared:

Kategori

Berita Terpopuler