Implementasi Pendidikan Karakter - Literasi Peserta Didik Melalui Media Big Book Di SDN 2 Asrikaton Malang

Author : Humas | Rabu, 15 November 2023 09:15 WIB | Tabloid Matahati - Tabloid Matahati

pgsd 1

TABLOIDMATAHATI.COM, MALANG– Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)  www.umm.ac.id  Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang tergabung dalam kegiatan PMM Mitra Dosen kelompok 20, di bawah bimbingan Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar Abdurrohman Muzakki, M.Pd dan  Delora Jantung Amelia, M.Pd yang memiliki keresahan di era digital seperti saat ini, dimana munculnya banyak kasus yang destruktif dalam konteks kebangsaan, misalnya terjadinya sentimen antar etnis, perselisihan antar suku, kasus-kasus narkoba, tawuran antar pelajar, kekerasan terhadap anak, begal di mana-mana, kasus Bullying, menunjukkan karakter kebangsaan yang lemah. Pembentukan karakter sedari dini akan menumbuhkan budaya karakter bangsa yang baik dan kunci utama dalam membangun bangsa. Oleh karena itu kami menerapkan penguatan Pendidikan karakter di SDN 2 Asrikaton Jln Raya Bamban no 402, Meduran Asrikaton Kec.Pakis, Kab.Malang, Prov . Jawa Timur.

Implementasi Pendidikan Karakter-Literasi Peserta Didik Melalui Media Big Book Di SDN 2 Asrikaton Malang 1

Pada hari Rabu, tanggal 11 Oktober 2023, telah dilaksanakan kegiatan implementasi Pendidikan Karakter dan Literasi Peserta Didik melalui media Big Book. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan karakter dan literasi di kalangan peserta didik. Pendidikan karakter bertujuan agar peserta didik sebagai penerus bangsa mempunyai akhak dan moral yang baik, untuk menciptakan kehiupan berbangsan yang adil, aman dan makmur. Tujuan Pendidikan dalam Undang Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menyebutkan bahwa “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.

Implementasi Pendidikan Karakter-Literasi Peserta Didik Melalui Media Big Book Di SDN 2 Asrikaton Malang 2

Gambar Proker PMM Mitra Dosen Kelompok 20.

Acara dimulai pada pukul 06.45 dan dihadiri oleh seluruh guru, serta peserta didik dari berbagai tingkat kelas. Kegiatan ini diinisiasi sebagai bentuk solusi dari keresahan kelompok teradap perubahan zaman dan kebutuhan peserta didik dalam mengenalkan dan membentuk karakter peserta didik yang baik. Pendidikan karakter adalah segala sesuatu yang dilakukan guru, yang mampu mempengaruhi karakter peserta didik. Guru membantu membentuk watak peserta didik. Pendidikan karakter menanamkan kebiasaan tentang hal mana yang baik sehingga peserta didik menjadi paham tenang mana yang benar dan salah, mampu merasakan nilai yang baik dan biasa melakukannya. Pada periode anak sekolah dasar, metode yang dilakukan guru untuk mengembangkan karakter adalah pengarahan, pembiasaan, keteladanan, penguatan, hukuman. Nilai-nilai karakter yang bisa digali dalam pembelajaran seperti Religius, jujur, kerja keras, disiplin, rasa tanggung jawab, cinta tanah air, peduli terhadap lingkungan sekitar, jiwa sosial yang kuat.

Berikut adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan: Sosialisasi Konsep Pendidikan Karakter dan Literasi, Dilakukan oleh kepala sekolah atau perwakilan, memberikan pemahaman mengenai pentingnya pendidikan karakter dan literasi dalam membentuk generasi yang berkualitas.

Berikutnya, Penyusunan Big Book oleh Guru dan Peserta Didik Melibatkan guru dan peserta didik dalam menyusun Big Book sebagai media pembelajaran yang kreatif dan interaktif. Implementasi Pembelajaran dengan Media Big Book. Guru-guru terlibat aktif dalam menyajikan materi pelajaran menggunakan media Big Book, mengintegrasikan nilai-nilai karakter dan meningkatkan literasi peserta didik.

Selanjutnya Diskusi dan Evaluasi Dilakukan sesi diskusi antara guru, peserta didik, dan orang tua untuk mengevaluasi hasil implementasi, mendengar masukan, serta merencanakan langkah-langkah lanjutan.

Implementasi Pendidikan Karakter-Literasi Peserta Didik Melalui Media Big Book Di SDN 2 Asrikaton Malang 3

Gambar Proker PMM Mitra Dosen Kelompok 20.

Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan dalam pemahaman karakter peserta didik, sekaligus perkembangan literasi mereka melalui penggunaan media Big Book. Keterlibatan orang tua dalam mendukung implementasi ini juga memberikan kontribusi positif. Oleh karena itu, karakter bangsa harus  dibentuk  dan  dididik  sedini  mungkin  agar  masyarakat  mampu  menanamkan  sifat-sifat  dan perilaku yang baik sejak dini. Peran orangtua bahkan pendidik sangatlah penting dalam meningkatkan karakter  calon  penerus  bangsa.  Orangtua  adalah  tempat  utama  dan  pertama  peserta  didik  menjalani kehidupan.  Peran  guru  di  sekolah  bukan  hanya mengajar  tetapi  juga mendidik.  Guru juga  sebagai rolemodel  dalam  pandangan  anak  sehingga  guru  akan  menjadi  patokan  bagi  sikap  anak  didik. Penanaman  karakter  dalam  perannya  dalam bidang  pendidikan  dapat  dilakukan  dengan  Pembinaan watak (jujur, cerdas, peduli, tangguh) merupakan tugas utama pendidikan, Mengubah kebiasaan buruk  tahap demi tahap yang pada akhirnya menjadi baik.

Dengan demikian, kegiatan implementasi Pendidikan Karakter dan Literasi melalui media Big Book di sekolah ini diharapkan dapat menjadi model bagi sekolah-sekolah lain dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan karakter dan literasi peserta didik. (rilis: humas pgsd umm)

Sumber: https://tabloidmatahati.com/implementasi-pendidikan-karakter-literasi-peserta-didik-melalui-media-big-book-di-sdn-2-asrikaton-malang/
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image


Shared:

Kategori

Berita Terpopuler