Mas Fadh Alumni EP UMM Sharing Session Entrepreneur Mahasiswa Ekonomi Pembangunan UMM

Author : Humas | Selasa, 08 Agustus 2023 21:42 WIB | Tabloid Matahati - Tabloid Matahati

Mas Fadh Alumni EP UMM Sharing Session Entrepreneur Mahasiswa Ekonomi Pembangunan UMM 4

TABLOIDMATAHATI.COM, MALANG– Mas Fadh Tri Wahyudo, SE, seorang pengusaha muda alumni Prodi Ekonomi Pembangunan Universitas Muhammadiyah Malang (EP UMM) tahun 2018 sukses membangun bisnis melalui bendera Jati Jaya Garage (JJG) bergerak bidang cuci mobil-motornya melalui layanan cinematic di Pandaan Kabupaten Pasuruan.

Mas Fadh Alumni EP UMM Sharing Session Entrepreneur Mahasiswa Ekonomi Pembangunan UMM 1

Mas Fadh founder Jati Jaya Garage sekaligus alumni EP UMM ketika menjelaskan tiga macam jenis konsumen.

Sukses bisnis tersebut oleh Mas Fadh–nama panggilan Mas Fadh Tri Wahyudo- disampaikan dalam forum program alumni mengajar dalam meningkatkan jiwa entrepreneur mahasiswa Ekonomi Pembangunan UMM. Ada beberapa hal penting dalam dunia usaha yang perlu diperhatikan sebagai seorang entrepreneur pemula.

Menurut Mas Fadh produk dijual harus berbeda dengan yang lain meskipun produk itu sama dengan yang lain. Misalnya bisnis cucian motor-mobil yang digelutinya mempunyai nilai plus dibandingkan  yang lain. Yaitu setiap kosumen diberikan video cinematic proses cuci mobil-motor miliknya. Inilah yang disebut value dari bisnis yang menjadi nilai tambah pada kosumen.

Mas Fadh Alumni EP UMM Sharing Session Entrepreneur Mahasiswa Ekonomi Pembangunan UMM 2

Mas Fadh bersama Kaprodi EP UMM, Muhammad Sri Wahyudi, SE, ME.

Berdasarkan hal ini tandas Mas Fadh perlu diketahui tiga jenis konsumen mutlak yang ada di seluruh dunia. Pertama price oriented customer. Dimana konsumen mneyukai harga kompetitif namun memiliki nilai tambahnya. Kedua velue oriented customer. Kosumen menyukai pelayanan tambahan yang hanya didapatkan di tempat usaha kita.

Sedangkan ketiga, lanjut Mas Fadh adalah konsumen dengan jenis product oriented customers. Konsumen sangat apresiasi ketika mendapatkan manfaat lebih dari layanan produk suatu perusahaan.

Mas Fadh Alumni EP UMM Sharing Session Entrepreneur Mahasiswa Ekonomi Pembangunan UMM 3

Mas Fadh pengusaha muda di depan tempat usahanya.

Selain  tiga jenis konsumen tersebut, Mas Fadh juga mengupas ada mata kuliah yang dipelajari di Prodi Ekonomi pembangunan yang bermanfaat bagi seorang pemula mengawali usaha. Mata kuliah dimaksud tentang manajemen bisnis di semester dua. Teori ini mengajarkan bagaimana konsumen tertarik dan terikat dengan produk atau jasa suatu usaha. Berikutnya matkul manajemen keuangan, serta matkul organisasi yang membantunya mengelola manajemen sumber daya manusia yang dimilikinya saat ini yakni karyawan. 

Sekedar diketahui, Mas Fadh mempunyai karir berorganisasi dan pengalaman dalam beberapa bidang. 2015-2016 Koordinator United Chapter Pasuruan, 2016-2019 Fungsionaris BEM FEB UMM, 2016-2017 Fungsionaris Ikatan Senat mahasiswa Ekonomi Indonesia, 2019-sekarang Kepala Badan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan PDIP Kabupaten Pasuruan, 2020-sekarang owner Jati Jaya Garage, 2022-2017 Bendahara Karang Taruna Kabupaten Pasuruan, 2023-sekrang Ketua Car Free Day Pandan.

Pengalaman, 2016 sekolah demokrasi dan politik Kabupaten Pasuruan, 2017 Pemateri rekruitmen HMJ diklat EP UMM, 2018 pemateri rekruitmen kader HMJ EP UMM, 2018 pemateri the future leader karang taruna desa Jugo, 2018 Wakil Koordinator Desa KKN 138 UMM. (rilis: humas ep umm/editor: doni osmon)

Sumber: https://tabloidmatahati.com/mas-fadh-alumni-ep-umm-sharing-session-entrepreneur-mahasiswa-ekonomi-pembangunan-umm/?amp=1
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image


Shared:

Kategori

Berita Terpopuler