Dewasa ini para pemuda yang didominasi oleh kalangan mahasiswa sedang aktif dan ramai memulai suatu usaha dengan dominasi bidang kulner dan fashion. Hal ini menunjukan keaktifan kaum muda dalam perekonomian suatu daerah/wilayah.
Banyak faktor mengapa bidang ini digeluti oleh kalangan pemuda. Pertama, trend, Anak muda selalu gampang untuk meniru sesuatu yang saat ini menjadi cara sukses orang-orang disekitarnya. Banyak yang menjadi sangat sukses dengan hanya menjual nasi dan telur dengan sepiring sambal. Banyak yang sukses besar hanya dengan berjualan baju secara online. Hal ini membuat mereka tergiur untuk mencoba bisnis yang sama dengan harapan sukses yang sama.
Kedua,Hobi. banyak kalangan muda yang miliki kemampuan untuk membuka suatu usaha menjadikan hobinya sebagai market jualannya. Hobi musik, jual alat musik. Hobi terhadap suatu grup musik, menjual baju dengan logo grup musik tersebut.
Terakhir, Tuntutan ekonomi. Biasanya kaum muda yang menggeluti usaha karena faktor ini adalah mahasiswa yang ingin memiliki tambahan ekonomi. Para perantau yang kekurangan biaya. Mulai mencoba untuk menjual apa saja asal pendapatan bertambah.
Namun jika ditelisik lebih dalam, sangat jarang yang menjadi sukses dengan UMKM yang digelutinya. Hal ini jelas dikarenakan tidak mempunyai rencana matang. Gelora muda yang dimiliki ingin cepat memiliki usaha tanpa riset mendalam. Waktu yang dimilikipun tidak banyak untuk mengembangkan apa yang diusahakan.
Selain itu target pasar yang biasanya tidak dihiraukan oleh beberapa kalangan, biasanya oleh anak muda yang membuka bisnis berdasarkan hobi. Modal sudah banyak keluar, namun pemasukan sangat sedikit ditambah biaya pemeliharaan yang tidak bisa ditunda.
Tulisan dari : Fira Hertania Putri, Manajemen 2020