Akuakultur UMM-CP Prima Teken MoU, Komitmen Lahirkan Teknisi Tambak Udang Mumpuni

Author : Humas | Rabu, 06 April 2022 07:54 WIB
Akuakultur UMM-CP Prima sepakat mengembangkan dan melahirkan teknisi tambak yang andal. (Foto: Haqi Humas)

Dunia industri saat ini memiliki peran besar dalam ketersediaan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia. Utamanya bagi lulusan sarjana yang sudah memiliki pengetahuan di berbagai bidang. Melihat akan hal itu, Prodi Akuakultur Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) gaet PT. Centra Proteina Prima (CP Prima) untuk mengadakan Sosialisasi dan Rekrutmen Tenaga Teknisi Tambak. Adapun kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa (5/4) lalu, bertempat di Aula BAU UMM.

Firmansyah selaku tim dari PT. CP Prima memberikan selayang pandang bahwa harga udang selama dua tahun belakngan berada pasa harga normal.  Menurutnya, tambak udang memiliki potensi keuntungan yang cukup besar di masa depan. Apalagi melihat bisnis udang selama pandemi dapat bertahan dengan sangat baik.

Meski begitu, ketersediaan sumber daya manusia (SDM) dalam bidang ini dirasa kurang. Hal serupa juga dirasakan oleh pihaknya. Bahkan selama 20 tahun ini, CP Prima sudah melangsungkan training tambak dan perekrutan dengan target 350 teknisi mumpuni pada tahun 2022. Kemudian bertambah menjadi 1000 teknisi dalam tiga tahun ke depan.

Meski dibutuhkan, banyak yang beranggapan bahwa teknisi tambak tersebut hanyalah pekerjaan remeh. Padahal bidang tersebht memerljkan ketelatenan serta sikap tidak puas belajar. Di sampung itu, teknisi juga bisa menghasilkan hasil yang cukup maksimal, utamanya di bidang udang.

“Semoga saja target 1000 teknisi bisa dipercepat dan dapr direalisasikan di tahun ini.  Teknisi-teknisi tambak ini juga berpotensi untuk menjadi seorang entrepreneurship di bidang udang. Maka, saya kira kerjasama ini akan memberikan banyak manfaat bagi banyak pihak,” tuturnya.

Sementara itu, Dr. Fauzan, M.Pd selaku rektor UMM dalam sambutannya ia menjelaskan bahwa CP Prima telah memberikan informasi yang segar bagi mahasiswa maupun alumni. Apalagi melihat datngnya tahun 2045 yang akan memunculkan Indonesia emas. Maka penyiapan SDM yang mumpuni perlu diperhstikan. Oleh karenanya, Kampus Putih menghadirkan Center of Excellence (CoE) atau program unggulan dalam rangka berkontribusi menyiapkan hal terkait.

“Salah satu kelas unggulan yang sudah dibuka adalah Sekolah Udang. Saya tentu berharap kerja sama ini dapat menyediakan SDM dengan kualitas terbaik demi mewujudkan Indonesia yang sejahtera,” ucapnya mengakhiri. (haq/wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image