Beri Kontribusi Pendidikan, Alumni UMM ini Terpilih Jadi Presiden IELTA dan Diundang ke Korea

Author : Humas | Kamis, 27 Oktober 2022 09:11 WIB
Sosok Alumni UMM, Urifah yang diundang ke International Conference on Education (Foto: Istimewa)

Di era 5.0 seperti saat ini, banyak kemudahan yang didapat oleh manusia, khususnya terkait teknologi. Hal itu juga dimanfaatkan oleh Urifah, salah seorang pemerhati pendidikan yang juga alumni Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Apalagi dua tahun belakangan, pandemi membatasi gerakan dan interaksi manusia, termasuk di dunia pendidikan.

Meksi begitu, Urifah memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan baik untuk melakukan kegiatan kolaborasi. Tidak hanya di level nasional tapi juga internasional. Ia juga mengikuti berbagai kegiatan pendidikan secara daring yang diselenggarakan berbagai negara. Keaktifan dan sederet kontribusinya tersebut membuat Urifah dikenal oleh banyak orang dari sederet negara. Khususnya dari kalangan guru, pakar, dan pemerhati pendidikan.

Baca juga : Humas Infokom UMM Dipercaya Wakili Jatim di Ajang Anugerah Humas Diktiristek Nasional

Tak jarang ia menjadi pemateri di acara kolaborasi antar sekolah seperti di India, Kolombia, Taiwan, Rumania, Filipina dan lainnya. Kajian yang ia lakukan juga menarik yakni pendidikan, SDGs, budaya serta lingkungan. Berkat kemampuannya yang mumpuni itu, Urifah sukses terpilih menjadi Presiden International English Language Teachers Association (IELTA) yang anggotanya terdiri dari guru bahasa Inggris dari Indonesia, Korea Selatan, Nepal, Bangladesh, Argentina, Mesir, Malaysia dan banyak negara lain.

Terbaru, perempuan asal Malang ini diundang untuk menghadiri agenda kolaborasi yang dilaksanakan di Korea Selatan. Tepatnya di International Conference on Education di Sejong pada 20-24 Oktober 2022. Ada 60 perwakilan guru dan praktisi pendidikan yang juga hadir di ajang tersebut. Mereka melakukan diskusi, sesi perkenalan, materi dari kementerian pendidikan Korea Selatan dan sederet lainnya.

Baca juga : Sandiaga Uno Ucapkan Terima Kasih untuk CoE UMM

Urifah juga berkesempatan berkunjung dan mengajar di Dajeong School. Ia bahkan ditemani kepala sekolah untuk memberikan materi serta mendidik siswa-siswi di sana. “Tentu ini kesempatan yang langka saya bisa berinteraksi langsung dengan siswa dan guru di sini. Apalagi sebelumnya kita lebih sering bersua lewat platform daring. Di sini, pendidikan tertata dengan sangat baik dan memiliki kurikulum inovaitf, sederhana dan maju sehingga memberikan kegembiraan. Mudah-mudahan hal ini bisa memberikan wawasan baru bagi pendidikan di Indonesia,” katanya.

Sebelumnya, urifah juga diundang ke beberapa agenda serupa di negara lain. Salah satunya di India yang memberikan pengalaman unutk mengajar dan berinteraksi dengan masyarakat di sana. Ia berharap, apa yang ia dapat di India dan Korea Selatan bisa dibagikan kepada guru-guru lainnya agar mampu memajukan pendidikan Indonesia. (wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image