TERBAIK: Ketua Prodi Komunikasi UMM, Sugeng Winarno MA (dua dari kiri) bersama peraih penghargaan Indonesia Best School of Communications and Management di Jakarta. |
UNTUK ketiga kalinya, Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mempertahankan posisinya sebagai Indonesia Best Schools of Communications and Management versi Majalah Mix. UMM maraih penghargaan yang sama sejak 2013, 2014 dan tahun ini. Penghargaan ini didasarkan hasil survei sepanjang tahun terhadap kampus di Indonesia yang memiliki Sekolah Komunikasi dan Manajemen setara S1 dengan status akreditasi A.
Usai menerima piagam penghargaan di Jakarta, Rabu (16/12), Ketua Prodi Komunikasi UMM, Sugeng Winarno, MA, mengaku bersyukur karena tetap bisa mempertahankan pengakuan publik ini. Diakuinya saat ini persaingan antar perguruan tinggi Komunikasi semakin ketat dengan dibukanya prodi Komunikasi di berbagai kampus. Namun demikian, Komunikasi UMM yang berdiri sejak 1986 tetap bertekad terus berinovasi.
Sugeng menuturkan, saat ini laboratorium Komunikasi UMM mengalami pembaruan. Semua alat, studio dan ruangan diganti baru. Hal ini untuk menyesuaikan perkembangan teknologi dan profesi komunikasi. “Alhamdulillah semua renovasi dan penggantian alat di lab sudah hampir selesai,” katanya.
Tak hanya itu, Sugeng juga berterima kasih kepada mahasiswanya yang terus menunjukkan prestasi di tingkat nasional. Seperti pada kompetisi Public Relations di UGM dan Unair baru-baru ini. Mereka sanggup bersaing dan unggul sekalipun berhadapan dengan kampus-kampus besar seperti UI, Unpad, Unair, UGM. Sebelumnya, dalam berbagai kompetisi, seperti film dokumenter, jurnalistik, juga menorehkan prestasi terbaiknya.
Komunikasi UMM memiliki tiga peminatan, yakni Public Relations (PR), Komunikasi Audio Visual (AV) dan Jurnalistik. Karena itu, selain pengembangan ilmu dan profesionalisme di bidang komunikasi, pihaknya juga mengoptimalkan kegiatan kemahasiswaan yang relevan dengan minat bakat di bidang komunikasi, seperti Jurnalistik Fotografi Club (Jufoc), Himpunan Mahasiswa Komunikasi (Himakom), Kelompok Pecinta Sinematografi Kine Klub, Public Relations (PR) Club, dan Journalistic Club (JC).
“Secara umum Komunikasi UMM sudah sangat dikenal berkat alumni-alumninya yang sudah menyebar di berbagai posisi strategis, baik di media massa, di pemerintahan, perusahaan swasta maupun yang wiraswasta secara mandiri,” ungkap Sugeng.
Mix Marketing Communication merupakan majalah komunikasi pemasaran berpusat di Jakarta yang setiap tahunnya mengupas sekolah-sekolah S1 ilmu komunikasi dan pemasaran terbaik di Indonesia. Metode yang dilakukan adalah wawancara pada stakeholders kampus, yang terdiri dari calon mahasiswa, para orangtua, serta praktisi human resource di berbagai perusahaan di Indonesia yang menggukan jasa lulusan perguruan tinggi yang disurvei.
Dari 10 kampus di Indonesia yang mendapatkan penghargaan ini, UMM merupakan satu-satunya kampus di Malang yang meraihnya. Selain UMM, kampus peraih Indonesia Best School of Communications 2015 yaitu Universitas Indonesia (UI) Jakarta, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Universitas Pasundan (Unpas) Bandung, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi London School of Public Relations (LSPR) Jakarta, Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) Jakarta, dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). (nas)