Konferensi Internasional FK-Fikes UMM Kaji Pandemi dan Pembangunan Berkelanjutan

Author : Humas | Rabu, 29 September 2021 09:53 WIB
Wakil Rektor I UMM, Prof. Dr. Syamsul Arifin, M.Si yang membuka event konferensi. (Foto: Istimewa)
Event internasional dan bergengsi kembali dilaksanakan oleh Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kolaborasi antara Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) diwujudkan melalui International Conference on Medical and Health Science (ICMedH). Menariknya, konferensi yang dilaksanakan pada Sabtu (25/9) ini mengkaji tema “Community Health: Addresing the Impact of Covid-19 on the Sustainable Development Goals”. Agenda ini turut mengundang berbagai peneliti dari beragam negara untuk memperkaya kajian.
 
dr. Yoyok Subagyo selaku Ketua Pelaksana menuturkan bahwa konferensi internasional ini merupakan gelaran kolaborasi pertama yang FK dan Fikes UMM langsungkan. Menurutnya, dua tahun belakangan menjadi masa-masa yang sulit. Termasuk bagi dunia kedokteran dan medis dalam menghadapi Covid-19. Banyak warga dan tenaga kesehatan yang menjadi korban dari virus mematikan tersebut.
 
Ia juga menilai bahwa pandemi telah mengubah sejumlah kebiasaan manusia. Namun tidak mengubah usaha untuk terus melakukan penelitian dan menyusun paper berkualitas yang bermanfaat secara luas. “Konferensi Internasional ini akan menghadirkan banyak peneliti yang telah menghasilkan berbagai artikel menarik dan terbaik. Mereka akan membahas banyak aspek baik dari segi preventif, kuratif serta rehabilitasi terkait Covid-19,” jelasnya.
 
Membuka konferensi, Prof. Dr. Syamsul Arifin, M.Si. selaku Wakil Rektor I UMM mengapresiasi kolaborasi yang dilakukan oleh FK dan Fikes dalam pelaksanaan gelaran ini. Tak lupa, ia juga menyambut hangat para pembicara dan presenter yang akan membahas berbagai hal di bidang kesehatan. Menurutnya, tanpa kehadiran mereka, konferensi ini tidak akan bisa berjalan dengan baik dan menarik.
 
Syamsul berharap ICMedH dapat menjadi event tahunan serta membentuk forum menarik untuk berdiskusi. Utamanya dalam aspek kedokteran dan kesehatan. Ia juga ingin agar konferensi ini dapat menghasilkan publikasi yang lebih luas dan mampu memberikan dampak baik bagi sekitar. “Lebih luas lagi yakni bisa diimplementasikan dan diterapkan di kediaman dan negara para peserta masing-masing. Saya yakin bahwa agenda ini merupakan langkah nyata yang kita ambil dalam upaya mengembangkan penelitian di bidang kedokteran dan kesehatan,” katanya.
 
Salah satu pembicara, Ryuichi Sawa, Ph.D dari Juntendo University Jepang menjelaskan mengenai Jepang sebagai negara dengan usia tua yang besar dan Covid-19. Ryuichi mengatakan bahwa per September 2021 persentase orang yang berusia lebih dari 65 tahun telah mencapai 29,1% di Jepang. Menurutnya, keadaan itu juga menjadi tantangan tersendiri, apalagi di tengah pandemi.
 
Ryuichi kembali menjelaskan ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi disabilitas dan usia lemah di tengah pandemi, khusunya di Jepang. Peningkatan partisipasi sosial menjadi hal yang sangat dibutuhkan. Kegiatan fisik juga perlu digalakkan dalam upaya menjaga kesehatan masyarakat. Meski begitu, ia masih menekankan akan pentingnya menjaga jarak satu sama lain agar penularan covid-19 bisa tetap ditekan. “Ditambah dengan meminimalisir kegiatan di luar dan tetap berada di dalam rumah,” tegasnya.
 
Di samping itu, pemanfaatan teknologi digital harus dimaksimalkan. Ia memberi contoh aplikasi online KAYOINOBA yang dikeluarkan oleh kementerian kesehatan Jepang. Dalam platform tersebut, masyarakat dapat menemukan fitur cek kesehatan, program olahraga, dan latihan kognitif. Bahkan juga menyediakan rekomendasi rute untuk jalan kaki agar tetap aman.
 
Selain Ryuichi, ICMedH juga menghadirkan pembicara ahli lainnya. Di antaranya Dr. Nazrila Haiziran Nashir dari Kementerian Kesehatan Malaysia dan Prof. Yi Hua Chen, Ph.D dari TMU Taiwan. UMM juga meramaikan diskusi dengan hadirnya dua pembicara lain yakni Dr. Febri Endra Budi dan Dr. Tri Lestari Handayani. (wil)
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image