Konsultan Periklanan AS Kenalkan Mahasiswa UMM Dinamika Dunia Periklanan

Author : Humas | Senin, 17 April 2017 10:11 WIB
Salah satu pemateri saat memaparkan dinamika periklanan. (Foto: istimewa)

PROGRAM Studi Ilmu Komunikasi (Prodi Ikom) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) baru-baru ini kedatangan tamu spesial. Tiga praktisi dari salah satu agensi periklanan ternama dan tertua di dunia yang berkantor pusat di New York Amerika Serikat (AS) J. Walter Thompson (JWT), secara khusus datang ke UMM untuk berbagi pengalaman seputar dunia periklanan (advertising), Kamis (13/4).

Ketiga pemateri tersebut yaitu Strategy Manager  JWT Jakarta Maria Angelica, Associate Account Director Niken Angganawati, dan Digital Art Director Wedhatama Pertiwi.

Agar iklan tidak berhenti sebatas media promosi produk, dijelaskan Maria, setidaknya sebuah iklan harus memuat tiga komponen utama, yang ia sebut sebagaipioneering solutions.

Komponen pertama yaitu what is the business challenge? atau apa permasalan dan tantangan yang dihadapi klien? Sementara komponen kedua, urai Maria, yakni apa masalah yang dihadapi target audiens. Terakhir, brand motivations, yakni bahwa setiap brand itu harus memiliki fungsi atau guna untuk umat manusia.

“Dari ketiga komponen itu kita akan mendapatkan ide. Eksekusinya tidak hanya berupa iklan di televisi atau media cetak, tapi harus beyond communications ideas. Misalnya kita bisa bikin bisnis model baru atau packaging baru,” imbuhnya di hadapan mahasiswa peminatan Public Relations (PR) di Aula Masjid AR Fachruddin lantai 1 UMM.

Ketua Prodi Ilmu Komunikasi UMM Sugeng Winarno MA menerangkan, dunia iklan adalah dunia kratif yang menyenangkan. Selain memiliki tiga peminatan, yakni jurnalistik, audio-visual dan public relations, mahasiswa juga didorong untuk mendalami periklanan. (can/han)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image