Mahasiswa UMM asal NTT ini Dapat Beasiswa ke Barcelona

Author : Humas | Senin, 07 Oktober 2024 09:10 WIB
Aloysius Gonzaga Alnabe, Mahasiswa Hubungan Internasional (HI) UMM sukses terbang ke Barcelona melalui program beasiswa Indonesian International Student Award (IISMA) 2024 (Foto : Istimewa) 

Aloysius Gonzaga Alnabe, Mahasiswa Hubungan Internasional (HI) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sukses terbang ke Barcelona melalui program beasiswa Indonesian International Student Award (IISMA) 2024. Gonza, sapaan akrabnya, bersama 40 rekan mahasiswa student exchange Indonesia berkesempatan menikmati belajar selama tiga bulan di Universitat Pompeu Fabra (UPF) Barcelona, Spanyol sejak September. 

Lebih lanjut, Gonza mengaku sangat bersyukur mendapatkan kesempatan emas dan mendapatkan pengalaman belajar yang luar biasa ini. Di samping itu, Gonza juga membagikan tiga hal menarik tentang Barcelona yang membuatnya terkesan dan menikmati perjalanan belajarnya disana. Pertama kali menginjakkan kaki di kota terbesar kedua Spanyol itu, Ia mengaku kagum terhadap tata ruang kota yanag didesain pedestrian-friendly sehingga memudahkan pejalan kaki. Hal menarik lainnya adalah banyak bangunan bersejarah berusia ratusan tahun berdiri kokoh sangat indah. Kemudian, hal menarik ketiga berasal dari budaya dan sistem pendidikan, serta suasana belajar di perguruan tinggi UPF based on full discussion antara dosen dan mahasiswa. 

Baca juga : Teknik Elektro UMM Kini Ajarkan PLTS ke Siswa

“Saya sangat menikmati belajar di UPF Barcelona ini. Kami (mahasiswa) tidak merasa terintimidasi serta diberi keluasan kebebasan untuk bertukar pikiran dan argument dengan para dosen. Saya merasa enjoy dengan suasana atau budaya mengajar dan belajar di sini,” tambahnya.

Lebih lanjut, mahasiswa asal Nusa Tenggara Timur itu membagikan kesannya dan pengalaman menarik selama di Barcelona. Menurutnya, Tapas adalah satu tradisi unik dan menarik khas Spanyol yaitu menyantap makanan porsi kecil sebagai hidangan pembuka. Selain makanan, Gonza juga menjelajahi salah satu destinasi wisata yang menawarkan pemandangan deretan pegunungan cantik terkenal di Catalonia, barat laut Barcelona yaitu Montserrat.

“Menurut saya, Spanyol terutama Barcelona adalah salah satu tempat di dunia ini yang nyaris sempurna. Monumen-monumen bersejarah berdiri sedemikian rupa dengan arsitektur yang indah, tata ruang kota yang terstruktur rapi didukung juga pedestrian-friendly, makanan yang mendunia, serta destinasi wisata yang worth it banet untuk dikunjungi ketika teman-teman ke Barcelona,” sambungnya antusias.

Tak hanya senang dapat menikmati keindahan kota Barcelona, Gonza juga bertekad untuk mampu menyalurkan segala ilmu dan wawasan baru yang Ia dapatkan untuk bisa juga sama-sama dipelajari bersama. Menariknya, selain sebagai mahasiswa HI UMM, Gonza juga giat mengajar bahasa Inggris di beberapa tempat. Dibalik kesuksesaannya pertukaran pelajar di UPF, Gonza mengaku kerap kali sangat rindu kampus dan kampung halamannya. 

Baca juga : Kerjasama Polda Jatim, UMM Dipercaya Perkuat SDM Kepolisian

Terakhir, Gonza berpesan kepada anak muda untuk jangan ragu dan jangan takut untuk memulai sesuatu yang kamu sukai. Menurutnya, aktif dalam organisasi, kegiatan sosial, dan aktif mengikuti lomba-lomba menjadi nilai tambah yang cukup berpengaruh dalam perjalanan kehidupan. Sehingga bisa bertahan menghadapi permasalahan yang muncul. 

“Lalu, saya juga berterimakasih kepada UMM yang telah senantiasa menjadi wadah dan memberikan dukungan kepada para mahasiswanya untuk memperoleh pendidikan setinggi-tingginya. Saya harap teman-teman mahasiswa UMM lainnya memanfaatkan segala fasilitas kampus. UMM sudah sangat luas mewadahi dengan beragam program beasiswa internasional, jangan ragu, ambil dan daftarkan dirimu. Apapun hasilnya, jadikan itu sebagai wadah untuk mengukur kemampuan diri,” tegasnya. (din/wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image