Prodi Manajemen UMM menggelar seminar bertajuk "Be A Great Millenial Financial Planner" dan “Build Creative Entrepreneur In Digital Era”. (Foto: Istimewa) |
Kemampuan mengatur keuangan menjadi skill yang harus dikuasai sejak dini. Begitupun dengan creativepreneur yang semakin marak. Hal itu mendorong program studi (Prodi) Manajemen Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar rangkaian seminar bertajuk "Be A Great Millenial Financial Planner" dan “Build Creative Entrepreneur In Digital Era”. Adapun acara itu dilaksanakan secara luring pada Jumat (27/5) lalu.
Seminar tersebut turut mengundang sederet pemateri andal. Mulai dari Human Capital Specialist and Financial Expert Fina Nailus Shobarohdan dan Dosen Manajemen Keuangan UMM Novi Puji Lestari. Adapula Founder Let’splay.id Arif Surya Buwono dan Reno Yuansyah yang merupakan Designer 24Slides.
Fina, sapaan akrabnya menceritakan perjalanan karirnya usa menyelesaikan studi di Manajemen UMM. Menurutnya, penguasaan kemampuan digital menjadi hal yang patut dipejari. Utamanya untuk membantu dalam pengambilan keputusan serta menjadi penunjang pengembangan bisnis yang dilakukan.
“Beruntung Manajemen UMM sudah membekali mahasiswanya dengan kemampuan-kemampuan yang memang dibutuhkan di dunia kerja. Meksi begitu, teman-teman mahasiswa juga harus mencari pengetahuan lain yang berguna di kehidupan kerja nanti,” tandasnya.
Hal serupa juga disampaikan Novi yang menegaskan pentingnya memiliki financial plan atau perencanaan keuangan. Dengan begitu, setiap individu bisa menentukan hal apa yang menajdi prioritas dan hal apa yang bisa ditunda. Ia menilai pemahaman financial olan juga harus diberikan sejak dini, salah satunya saat menginjak di dunia kampus.
“Lebih penting untuk tetap berpenghasilan ketimbang berpenghasilan tetap. Selalu cari passion dan peluang usaha, dan bangun usahamu sendiri. Saya yakin, dengan bekal skill digital serta skill manajemen yang baik teman-teman bisa menjadi lulusan yang mandiri dan cakap,” tambah dosen kelahiran Trenggalek itu.
Sementara itu, Arif dan Reno mengajak para mahasiswa untuk mengambil peran dalam peningkatan ekonomi, terutama melalui jalan creativepreneur. Keduanya menilai bahwa dengan sumber daya dan tools yang ada, mahasiswa bsia dengan mudah membangun bisnisnya. Meski begitu, mereka juga harus bersiap dengan tantangan dan kendala yang semakin kompleks ketimbang era sebelumnya.
Adapun Dr. Nurul Asfiah, M.M., selaku Kaprodi Manajemen mengatakan bahwa seminar ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam perencanaan keuangan bisnis serta digitalisasi. Khususnya dalam pengembangan dan pertumbuhan bisnis mereka. “Semoga acara seperti ini dapat dilaksanakan kembali dengan tema-tema menarik lainnya. Sehingga dapat menunjang kemampuan mahasiswa Manajemen UMM,” harapnya.