Program Doktoral PAI Sukses Raih Akreditasi Unggul

Author : Humas | Senin, 07 November 2022 07:32 WIB
Mahasiswa luar negeri UMM yang sedang melakukan diskusi (Foto: Rino Humas)

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) senantiasa meningkatkan kualitas pendidikannya. Bukan hanya di tingkat sarjana, tapi juga di program doktoral. Terbaru, program doktoral pendidikan agama Islam (PAI) sukses mendapatkan akreditas unggul. Hal itu berdasarkan surat keputusan dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (Lamdik) yang dikeluarkan pada 4 November lalu.

Ketua Program Doktor PAI UMM, Dr. Abdul Haris, MA. menjelaskan bahwa capaian ini merupakan hasil proses pengajuan akreditaso dengan format baru. Sebelumnya, program doktor PAI UMM juga telah mendapatkan akreditas A, kemudian kini menjadi Unggul.

Ada sederet indikator yang harus dilengkapi oleh pihaknya. Mulai dari visi dan misi, tujaun serta strategi. Pun dengan tata kelola, kerjasama, kemahasiswaan, hingga sumber daya manusia. “Berdasarkan penilaian, dosne kami cukup mumpuni. Sampai saat ini ada 13 dosen yang memberikan pengetahuan baru melalui berbagai cara seperti diskusi atau riset,” tuturnya.

Baca juga : Student Day UMM 2022: Bangun Suasana Belakar dan kompetisi yang Menyenangkan

Adapula penelitian, pengabdian, dan luaran. Termasuk di dalamnya bagaimana program doktoral PAI bisa melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi dengan baik dan seimbang. Menurut Haris, ketiganya menjadi ujung tombak pihaknya untuk terus berbagi ilmu dan pengetahuan.

Haris, sapaan akrabnya melanjutkan, prodi PAI doktoral memiliki dua program yang senantiasa ditekankan. Yang pertama ialah kelulusan tepat waktu sehingga para mahasiswa bisa segera menyelesaikan studi dan bisa memberikan kontribusi ke masyarakat. Kemudian yang kedua adalah publikasi yang terus ditekankan sebagai upaya memberikan manfaat keilmuan.

Baca juga :  Tim Dosen UMM Kembangkan Kandang 4.0, Tingkatkan Produktivitas Ayam Petelur

Sampai saat ini, ia menegaskan ada lebih dari 80% mahasiswa yang berhasil lulus tepat waktu. Pun dengan publikasi yang terus digenjot agar maksimal. “Saat ini, ada sekitar 85 mahasiswa doktoral yang sedang menempuh studinya di Doktoal PAI UMM. kami juga ingin agar mereka mampu menjadi doktor yang profesional di bidangnya. Mampu mengantisipasi perkembangan sains dan teknologi berlandaskan Islam serta Muhammadiyah,” katanya.

Terakhir, ia berharap doktoral PAI UMM mampu menorehkan berbagai inovasi serta upaya untuk menjadi institusi berkemajuan. Sehingga mampu bersaing di berbagai level, bukan hanya di tingkat nasional tapi juga interanasional melalui berbagai cara. (wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image