Tim Marching Band UMM Menangi Dua Medali Internasional

Author : Humas | Sabtu, 14 Oktober 2023 04:34 WIB
Tim Marching Band UMM menjuarai kompetisi International. (Foto : Istimewa)

Kabar membanggakan silih berganti datang dari mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Bukan hanya prestasi akademis, tapi juga non-akademis. Salah satunya tim marching band UMM yang berhasil menjuarai 2 kategori. Yakni medali perak untuk kategori Wind Essemble Best Music Class Open dan medali perunggu untuk kategori Colour Guard Battle Class Open.

Adapun kemenangan itu diperoleh dalam kompetisi internasional yang diadakan Pemerintah Kota (Pemkab) Jember  berkolaborasi dengan The Asian Marching Band Confederation (AMBC). Lomba tersebut dilaksanakan pada Oktober ini dan diikuti berbagai negara. Terhitung, ada belasan tim dari sederet negara yang bersaing. Selain dua kategori yang dimenangkan UMM, ada kategori lain yang dilombakn. Yaitu Concert Band, Marching Filed Show, Individual, Marching Music Parade, dan Street Parade.

Baca juga : Kemajuan Teknologi Musnahkan Pekerjaan Manusia? Begini Kajiannya di Sosiologi UMM

Lalu Nune Satria Sakti selaku ketua tim menyebutkan, mereka sudah berlatih sejak tiga bulan sebelumnya. Ia juga harus mengumpulkan dan open rekrutmen untuk bisa memenuhi kuota tiim yang dilombakan. “Awalnya saya semapt putus asa karena anggota tim kami belum genap dan takutnya tidak bisa tampil di kompetisi itu. Namun, berkat bantuan teman-teman, akhirnya kami bisa full team dan memberikan yang terbaik,” jelasnya. 

Satria, sapaan akrabnya, menuturkan bahwa berlatih marching band bukan perkara mudah. Bukan hanya menabuh drum sekenanya, atau meniup terompet semaunya. Harus ada harmoni di antara pemain marching band agar bisa menghasilkan musik yang menarik. Begitupun dengan penampilan colour guard yang melengkapi. 

Baca juga : Kasus Sianida Kembali Mencuat, Dosen UMM Jelaskan Bahayanya

Salah satu yang cukup menantang adalah masalah pemain tambal sulam. Ada beberapa orang yang harus diganti karena keperluan mendesak. Sehingga harus diganti dan berlatih berulang kali. Utamanya terkait koreagrafi dan kekompakan tim. Namun sebua bisa diatasi dengan strategi terbaik yang mereka berikan.

Terkait dua media internasional, Satria berharap raihan ini menjadi motivasi besar. Bukan hanya bagi anggota marching band UMM, tapi juga bagi sivitas akademika Kampus Putih UMM. “Sehingga kita bisa sama-sama terpacu untuk memberikan yang terbaik dan mendapatkan hasil yang terbaik. Mampu memberikan kebanggaan tersendiri bagi diri, keluarga dan nama kampus,” tegasnya mengakhiri. (*tri/wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image