UMM Potato Seeds Sukses Kembangkan Bisnis Benih Kentang

Author : Humas | Kamis, 19 September 2024 09:18 WIB
UMM Potato Seeds berkomitmen mewujudkan visi untuk menjadi pusat unggulan dalam produksi benih kentang di Indonesia (Foto : Istimewa)

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Potato Seeds menjadi salah satu unit bisnis yang terus berkembang. Bergerak di bidang hilirisasi dan komersialisasi hasil riset, unit ini sukses memproduksi benih kentang unggul bebas virus. Dengan semangat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas serta kontinyuitas produksi kentang di Indonesia, UMM Potato Seeds telah melakukan berbagai program, utamanya setelah mendapat dukungan dari Kementerian Ristek Dikti melalui Program Pengembangan Usaha Kampus.

Koordinator UMM Potato Seeds Dr. Ir. Syarif Husen, M.P. menjelaskan, salah satu faktor kunci di balik kesuksesan unit bisnis tersebut adalah penerapan inovasi teknologi  dalam proses produksi benih kentang. Teknologi Temporary Immersion Bioreactor (TIB) merupakan hasil pengembangan oleh tim peneliti UMM yang Syarif ketuai. Itu menjadi andalan inovasi dalam industri  benih yang berjalan. TIB memungkinkan produksi benih kentang dalam skala besar dengan kualitas yang lebih baik dan waktu yang lebih singkat dibandingkan metode konvensional.

Baca juga : FKIP UMM Terpilih Jadi Anggota Konsorsium Pendidikan Guru Indonesia-Australia

Adapun UMM Potato Seeds tidak hanya berfokus pada inovasi teknologi, tetapi juga membangun kemitraan strategis dengan berbagai pihak terkait. Di antaranya dengan para petani, pemerintah, dan lembaga penelitian. Kemitraan ini memungkinkan pertukaran pengetahuan, akses ke sumber daya, dan distribusi benih kentang yang lebih luas. Dalam upaya meningkatkan swasembada benih kentang, UMM Potato Seeds menjalin kerjasama dengan  mitra penangkar benih dasar yang tersebar di seluruh Jawa Timur. Kolaborasi ini diharapkan dapat mempercepat produksi benih berkualitas tinggi dan memenuhi kebutuhan petani di wilayah tersebut.

Lebih lanjut, Syarif mengatakan bahwa meskipun telah mencapai banyak prestasi, UMM Potato Seeds masih menghadapi sejumlah tantangan, seperti keterbatasan pemasaran ke luar Jawa, persaingan bisnis, dan perubahan iklim. Namun, tantangan ini juga membuka peluang bagi pihaknya untuk terus berinovasi dan mengembangkan produk-produk baru yang lebih adaptif terhadap kondisi lingkungan yang dinamis.

Dengan adanya UMM Potato Seeds, Syarif berharap mampu memberikan dampak ekonomi dan berkembangnya usaha penakar benih kentang dasar di Jawa Timur. Hal itu bis dilihat dari kajian ekonomi prospek profitabiltas dari usaha bisnis penangkar benih, baik benih penjenis maupun benih dasar kentang. Pada Profitabilitas usaha benih penjenis, produk yang dihasilkan dalam program ini adalah benih kentang bebas virus berupa plantlet dan didistribusikan ke seluruh Indonesia. 

“Bisnis ini diperkirakan mampu menghasilkan nilai nilai net present value sebesar Rp628.684.924. Sedangkan pada penangakar benih dasar kentang kelas G0 menghasilkan nilai nilai net present value Rp449.850.154,” katanya.

Baca juga : UMM Potato Seeds Kembangkan Benih Kentang Lewat Stek Pucuk Berakar

Terakhir, Syarif menjelaskan bahwa UMM Potato Seeds berkomitmen mewujudkan visi untuk menjadi pusat unggulan dalam produksi benih kentang di Indonesia. Yakni dengan terus melakukan penelitian dan pengembangan, meningkatkan kapasitas produksi, dan memperluas jaringan distribusi. Unit bisnis ini dinilai memiliki potensi besar untuk memenuhi kebutuhan benih kentang berkualitas  skala nasional. 

“Terlebih dengan dukungan dari Program Usaha Kampus  PUK dari Kementerian Ristek Dikti yang telah masuki tahun kedua ini. Hal ini tentu dapat meningkatkan omzet penjualan dan menjadi support untuk meningkatkan income generating kampus,” pungkasnya. (*/zaf/wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image