FGD dilakukan secara daring. (Foto: Novi/FEB) |
Era revolusi industri seperti saat ini sangat mempengaruhi ketenagakerjaan karena memberikan tantangan baru yang harus diantisipasi oleh banyak pihak. Didukung dengan industri e-commerce Indonesia dalam 10 tahun terakhir meningkat hingga 17%,selain itu juga dengan diikuti pertumbuhan e-commerce yang sangat pesat.
Untuk menjawab hal itu Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melalui Direktorat Pendidikan Vokasi dan Pelatihan UMM segera membuka program studi baru, yaitu Diploma 4 Retaildan Bisnis Onlineyang akan difokuskan pada pada usaha digital.
“Kurikulum Prodi Retail dan Bisnis Online ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan industri yang meliputi pengetahuan,keterampilan untuk membangun karier di industri retail dan bisnis digital,” demikian disampaikan Dr. Tulus Winarsunu, M.Si., Direktur Direktorat Pendidikan Vokasi dan Pelatihan UMM dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) secara daring pada Jumat,(26/6).
Baca juga: Luncurkan Website Crowdfunding untuk Masyarakat Kalimantan Utara
Prodi Online Bisnis dan Retail ini dirancang untuk menyiapkan lulusan untuk mampu melaksanakan fungsi-fungsi manajemen umumnya dan mampu mengembangkan teknik pemasaran digital khususnya,sambung Tulus.
Hadir dalam FGD tersebut, Rektor UMMDr.Fauzan.M.Pd, Staf Ahli Bidang Staf Ahli Bidang Inovasi dan Daya Saing Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Ananto Kusuma Seta, Ph.D.
Hadir pula sejumlah perwakilan stakeholder yang telah bekerjama dalam pendirian Prodi ini, yaitu dari AVP Public Policy & Government Relations Bukalapak Bima Laga,Rofi Uddarojat dari Asosiasi E-commerce Indonesia,serta Roy N.Mandey Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia.(nov/can)