Webometrik Juli 2016: Aspek Presence Rank, UMM Ranking 4 Indonesia

Author : Humas | Sabtu, 30 Juli 2016 13:20 WIB

Lembaga pemeringkatan website perguruan tinggi dunia (Cybermetrics Lab, Spain) kembali merilis peringkat perguruan tinggi seluruh dunia edisi Juli 2016.  Setelah mengalami penurunan pada edisi Januari 2016 (karena adanya pinalti), maka website Universitas Muhammadiyah Malang kembali meningkat ke urutan 35 Indonesia.  Untuk aspek Presence Rank, website UMM menduduki peringkat 4 Indonersia, di bawah UGM, IPB dan UI.  Presence rank merupakan salah satu aspek pengurutan berdasarkan banyaknya halaman website dan banyaknya file yang diupload.  Pada aspek ini, website UMM menduduki ranking 13 untuk level Asia Tenggara dan 197 level dunia.  Ranking ini meningkat tajam dibanding ranking aspek tahun-tahun sebelumnya.

 

Ranking Webometrik UMM untuk Aspek Presence Rank Level Indonesia

Sumber: http://www.webometrics.info/en/Asia/Indonesia%20?sort=asc&order=Presence%20Rank%2A

 

Ranking Webometrik UMM untuk Aspek Presence Rank Level Asia Tenggara

Sumber: http://www.webometrics.info/en/Asia_Pacifico/South%20East%20Asia?sort=asc&order=Presence%20Rank%2A

 

Selain peringkat webometrik, lembaga pemeringkatan itu juga merilis peringkat repositori universitas.  Ranking of Web Repositories merupakan pemeringkatan universitas berdasarkan kumpulan bahan digital universitas yang dipublish di website untuk dimanfaatkan oleh masyarakat luas secara online.  Ranking repositori website universitas pada edisi Juli 2016 menempatkan Universitas Muhammadiyah Malang pada urutan 6 Indonesia, di bawah: Undip, IPB, Gunadarma, UMS dan UNY.  Untuk level Asia Tenggara, repository UMM menduduki ranking 10.

 

Ranking Repositori UMM Level Indonesia

Sumber: http://repositories.webometrics.info/en/Asia/Indonesia%20

 

Ranking Repositori UMM Level Asia Tenggara

Sumber: http://repositories.webometrics.info/en/Asia_Pacifico/South%20East%20Asia?sort=asc&order=World%20Rank

 

Seperti diketahui, aspek penilaian webometrik sekarang berubah metodologinya, tidak lagi: visibility, size, rich files dan scholar.  Sejak tahun 2015, penilaian webometrik berdasarkan 4 aspek, yaitu: Impact,  Presence, Openness, dan Excellence. Impact mempunyai bobot 50%, dan sisanya untuk ketiga aspek tersebut.  Impact merupakan penilaian berdasarkan banyak backlink atau link eksternal (pihak ketiga) yang didapat oleh website universitas.  Penilaian tergantung oleh perhitungan yang dilakukan oleh website Majesticseo dan backlink histori yang diambil dari website ahrefsPresence merupakan ranking berdasarkan banyaknya halaman website (site) dan banyaknya file (Rich Files) yang ada di website universitas.  Penilaian dilakukan oleh mesin pencari Google.  Openness, merupakan penilaian ranking berdasarkan banyaknya artikel ilmiah ataupun penelitian yang ada di website dalam PDF.  Excellence, merupakan penilaian website berdasarkan banyaknya penelitian ilmiah yang berlabel internasional dan terdaftar pada Scimago Group, dalam hal ini juga termasuk jurnal internasional yang telah terindeks atau terpublish pada Scopus. (ytn)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image