A : Silahkan kunjungi alamat http://pop.umm.ac.id pada browser anda, kemudian masukkan username dan password. Untuk penulisan username perlu ditambah @umm.ac.id
2. Q : Bagaimana dosen/karyawan bisa mendapatkan akun e-mail umm?
A : Dosen/Karyawan dapat memiliki akun e-mail umm dengan cara langsung datang ke kantor infokom divisi jaringan Gedung ICT Center Lantai 2.
3. Q : Bagaimana cara untuk mengganti password e-mail?
A : Untuk mengganti password e-mail, anda harus mengakses terlebih dahulu akun e-mail anda pada http://pop.umm.ac.id lalu klik menu tab preferences kemudian pada kolom Login Options lalu klik tombol Change Password maka akan muncul jendela baru kemudian isikan old password (password lama), New password (password baru), Confirm (ulangi password baru) kemudian klik tombol Change Password lalu pada jendela sebelumnya klik tombol SAVE (terletak di pojok kiri atas pada tab preferences).
4. Q : Bagaimana untuk mengetahui username password e-mail jika lupa?
A : Anda dapat mengetahui username atau password dengan cara menghubungi lembaga infokom divisi jaringan atau ext 178.
5. Q : Bagaimana menghapus e-mail di folder inbox, sent, draft dan junk?
A : Dengan cara mencentang item e-mail yang akan di hapus kemudian klik tombol Delete yang terletak pada atas jendela tab
6. Q : Bagaimana menghapus e-mail di folder trash?
A : Dengan cara mengklik kanan menu trash lalu pilih Empty Trash
7. Q : Berapa maksimal ukuran file attachment?
A : Batas maksimal ukuran file attachment yang di berikan pada e-mail yaitu sebesar 20 MB
8. Q : Jenis file apa saja yang tidak dapat disisipkan dalam file attachment?
A : Jenis file yang tidak dapat dilampirkan berupa file yang berekstensi .exe
9. Q : Berapa besar kuota e-mail yang didapat setiap akun?
A : Kuota yang diberikan pada setiap akun e-mail yaitu sebesar 1 GB
10. Q : Kenapa e-mail yang diterima masuk ke folder junk?
A : Karena email yang diterima oleh sistem terindikasi spam
11. Q : Bagaimana cara mengatasi agar e-mail yang diterima tidak masuk dalam folder junk?
A : Apabila e-mail yang diterima menurut anda bukan spam, anda dapat memindahkannya ke folder inbox dengan cara klik kanan pada email tersebut dan pilih mark as not spam. Maka e-mail selanjutnya dengan pengirim yang sama akan secara otomatis masuk di folder inbox.
12. Q : Kenapa e-mail tidak bisa untuk mengirim/menerima?
A : Kemungkinan akun e-mail anda terkena/terjangkit spam. Untuk mendapatkan solusinya silahkan menghubungi lembaga infokom divisi jaringan atau ext 178.