Pemanfaatan Flashcard sebagai Media Bermain sambil Belajar Melatih Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun

Author : Humas | Friday, September 01, 2023 09:26 WIB | gopos id -

GOPOS.ID, GORONTALO – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat oleh mahasiswa (PMM). Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan memberikan manfaat kepada masyarakat yang ditujukan.

PMM ini sendiri dilaksanakan untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Termasuk kegiatan yang dilakukan oleh kelompok 45 gelombang 4 di RA Terpadu Al-Ishlah Kota Gorontalo.

Salsabila Alya Ramadhani Rauf, Koordinator Mahasiswa PMM mengatakan kegiatan yang dilakukan adalah bermain sambil belajar mencocokkan huruf hijaiyah. Hal ini bermanfaat dalam melatih pengetahuan dan keterampilan kognitif murid, serta melatih fokus dan konsentrasi terhadap pembelajaran huruf hijaiyah yang dilakukan di kelas.

“Dalam kegiatan ini, mahasiswa menggunakan flashcard hijaiyah sebagai media bermain sambil belajar. Flashcard menjadi salah satu alat bantu visual yang digunakan dalam pembelajaran. Hal ini membuat flashcard hijaiyah cocok digunakan dalam kegiatan ini, karena membantu murid untuk mengenal bentuk huruf hijaiyah dengan mudah,” ujarnya.

Kegiatan permainan mencocokkan huruf hijaiyah dilakukan dengan meminta para murid untuk duduk dengan rapi dan memberikan instruksi mengenai permainan yang akan dilakukan. Misalnya, mahasiswa menunjukkan flashcard huruf hijaiyah kepada murid dan meminta mereka untuk menyebutkan huruf hijaiyah yang ditunjukkan oleh mahasiswa. Setelah itu, murid akan mencocokkan huruf hijaiyah tadi dengan memilih huruf yang sama di flashcard lainnya.

“Demikianlah aktivitas PMM yang telah terealisasi oleh tim kelompok 45 gelombang 4. Diharapkan bahwa segala upaya yang telah dijalankan akan membawa beragam manfaat dan kemudahan bagi staf pendidik dan peserta didik di lokasi PMM dan masyarakat luas,” sebut Salsabila. (muhajir/gopos)

Harvested from: https://gopos.id/pemanfaatan-flashcard-sebagai-media-bermain-sambil-belajar-melatih-perkembangan-kognitif-anak-usia-4-5-tahun/
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared: