UMM Sambut 304 Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2022

Author : Humas | Saturday, December 10, 2022 12:24 WIB | Jawa Pos - Jawa Pos

Foto : Rofia / Radar Malang

MALANG KOTA – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar Orientasi Akademik dalam Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan gelombang 2 tahun 2022. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Grand Mercure, Jumat (9/12). Dalam gelombang ini UMM mendapatkan ploting mahasiswa sebanyak 304 orang.

Secara keseluruhan, terdiri atas 70 mahasiswa bidang studi biologi, 41 mahasiswa bidang studi pendidikan kewarganegaraan, 47 mahasiswa bidang studi bahasa inggris dan 146 mahasiswa bidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

“Ini berdasarkan surat Direktur Pendidikan Profesi Guru Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudsritek tanggal 30 November 2022 tentang persiapan perkuliah PPG Prajabatan gelombang dua tahun 2022,” jelas Ketua Prodi PGG FKIP UMM Dr Iin Hindun M.Kes.

Sementara itu, Dekan FKIP UMM Dr Trisakti Handayani MM menyebut jika PPG Prajabatan diarahkan untuk menciptakan generasi di Indonesia yang siap menyongsong era global dengan penguasaan teknologi yang handal. Untuk itu PPG prajabatan dilaksanakan untuk mendukung hal tersebut melalui peran guru.

Untuk dapat mewujudkan visi PPG pra-jabatan, PPG dilaksanakan berdasarkan kebutuhan guru, lulusan PPG prajabatan memiliki kepadtian direkrut, guru baru adalah guru adalah lulusa. Pendidikan profesi guru, induksi guru pemuda terintegrasu dengan PPG hingga semua pemangku kepentingan bersinergi dala. Perekrutan guru baru.

“Mahasiswa PPG akan melaksanakan kegiatan selama dua semester dengan 12 matakukiah dan bobot 39 SKS hingga 2023 nanti,” ucap wanita berjilbab ini.

Fokus utama sejak semester satu akan mengajak mahasiswa untuk terjun langsung ke sekolah. Bahkan 16 SKS nanti berisikan tentang Praktik Pengalaman Lapang atau PPL. Sehingga mahasiswa diharapkan memiliki pengalaman nyata. “Program PPL ini memiliki relevansi kuat. Karena dilakukan di sekolah guru pengajar pemula akan ditugaskan,” sebut dia.

Oleh karena itu, pertemuan awal tersebut harus mempunyai satu komitmen yang sama. Mempunyai cita-cita yang sama untuk bisa mensukseskan UKMPPG. Melalui pembelajaran reflektif yang menjadi ruh dalam penyelenggaraan PPG Prajabatan.

“PPG FKIP UMM akan mewujudkan guru profesional yang mengamalkan pancasila, berkomitmen menjadi teladan, menjadi pembelajar sepanjang hayat,” tukasnya. Serta memiliki dasar-dasar kepemimpinan, menguasai kompetensi dasar guru serta berorientasi pada peserta didik dan pembelajarannya. (fif)

Harvested from: https://radarmalang.jawapos.com/pendidikan/10/12/2022/umm-sambut-304-mahasiswa-ppg-prajabatan-gelombang-2-tahun-2022/
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared: