Mahasiswa PMM KKN UMM Jalankan Branding Bersama UMKM Desa Bocek Serta Memperkenalkan Produk Kopi Bocek Melalui Digital Marketing

Author : Humas | Monday, April 03, 2023 08:27 WIB | Jurnal Post -

JurnalPost.com – Menjalankan kegiatan PMM atau Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa yaitu kegiatan penggati KKN oleh Unversitas Muhammadiyah Malangdari Kelompok 69 gelombang 1 tahun 2023 membantu pelaku UMKM desa Bocek berfokus pada kopi dengan mengoptimalkan produk kopi masyarakat Desa Bocek dengan meningkatkan pemasaran hasil produk melalui digital marketing. Dimulai dari tanggal 22 Februari-23 Februari 2023, di Desa Bocek Dusun Karanglo. Adapun Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu ibu Chalimatuz Sa’diyah., SE., MM,. Koordinator yaitu kak Andrianto, dan empat anggota lainnya yaitu Andini Dwi Retno Palupi, Elna Safira Yusra, Kharis Af’ida, dan Rizky Aulia Rahmadiyah.

Branding dan Rebranding adalah upaya untuk memberiakan perusahaan itu logo desain atau simbol untuk memperkenalkan/ mengiklankan produk atau sebuah jasa. Rebranding merupakan upaya untuk memperbaharui sebuah brand yang telah ada agar menjadi lebih maju tetapi tidak melupakan tujuan awal perusahaan untuk mendapatkan profit.

Kopi merupakan minuman yang berasal dari tanaman biji kopi yang di jemur, disangrai, diubah menjadi bubuk kemudian diseduh dengan air panas. Kopi sebagai minuman atau komoditas yang telah memiliki sejarah panjang, sampai saat ini tanaman kopi tersebar di banyak negara. Jenis tanaman kopi di tiap negara yang tumbuh dan diproses menjadi biji kopi memiliki perbedaan, mulai dari kondisi tanaman, letak geografis lahan tanam, hingga proses pasca panen. Kopi di desa Bocek terdapat 2 jenis yang sangat unggul yaitu kopi Robusta dan Arabica. Letak tanaman di desa ini ada di bawah gunung dan di belakang rumah pemilik perusahaan kopi ini. Dalam dua jenis kopi itu Robusta memiliki nilai pasar yang lebih tinggi karena rasanya yang pahit dan manis di akhirnya selain itu proses dari kopi robust aini relatif mudah. Sedangkan, Arabica merupakan jenis kopi yang prduksinya lumayan sulit karena kandungan air di dalamnya membuat kopi tersebut tidak bertahan lama.

Program ini dijalankan dapat membuat kopi khas malang dapat dikenal tidak hanya di daerah jawa saja. Dan rebranding yang dijalankan dapat membuat brand koffie van botjek ini memiliki nama yang lebih mudah di ingat dan menarik dimata masyarakat.

Harapan dari bapak Arif selaku pemilik perusahaan kopi ini di desa bocek agar kami bisa membantu mengelola kopi melalui sosial media dan agar perusahaan kopi ini memiliki website yang bisa dengan mudah diakses oleh masyarakat luas. Dan harapan dari pak Dedi bagian pabrik kopi dan yang bertugas memantau kebun, harapan beliau agar kami dapat menaman, memanen, dan mengolah kopi.

Harvested from: jurnalpost.com/mahasiswa-pmm-kkn-umm-jalankan-branding-bersama-umkm-desa-bocek-serta-memperkenalkan-produk-kopi-bocek-melalui-digital-marketing/47474/
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared: