JurnalPost.com – Banyaknya kasus penggunaan gadget pada anak dan sulitnya orang tua mengatasi permasalahan tersebut menjadi sorotan beberapa mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang. Lima mahasiswa UMM akan melakukan pendampingan terhadap orang tua dan siswa TK Cahaya Bunda terhadap penanganan masalah tersebut melalui psikoedukasi. Dari kegiatan ini diharapkan nantinya bisa berkontribusi untuk mengurangi intensitas penggunaan gadget pada anak.
Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan hilirisasi hasil Penelitian dan Pengabdian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melalui Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Kelompok 95 Gelombang 11 dengan Dosen Pembimbing Lapang (DPL) Lailatul Mauludiyah, S.S., M.Pd.I.
Pada Rabu (12/10), dilaksanakan kegiatan psikoedukasi oleh mahasiswa PMM bhaktiku negeri. Kegiatan yang disasarkan kepada orang tua dan anak-anak TK A dan TK B Cahaya Bunda ini berlokasi di Jl. Tirto Taruno No. 08, Dusun Klandungan, Landungsari, Kec. Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur.
Kegiatan yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada anak-anak dan orang tua tentang penggunaan dan bahaya penggunaan gadget yang berlebihan ini berkisar selama 25 hingga 30 menit. Selama kegiatan berlangsung, orang tua dan anak menyimak dengan antusias materi yang disampaikan oleh pemateri.
Psikoedukasi yang dilakukan berupa edukasi dengan model ceramah dengan penggunaan mapping sederhana. Mapping bertujuan sebagai media visualisasi materi yang dipaparkan. Kegiatan diawali dengan menyapa dan menanyakan kabar wali murid beserta anak-anak yang dilanjutkan dengan pemaparan materi. Disela-sela penyampaian materi, kami juga melontarkan beberapa pertanyaan interaktif kepada anak-anak dan wali murid.
Kegiatan edukasi ini menerangkan tentang penggunaan gadget. Selama kegiatan yang diberikan, pemateri memaparkan tentang kecanduan gadget, bahaya gadget, cara mencegah penggunaan gadget yang berlebihan, dan tips untuk mengurangi kecanduan gadget. Selama pemberian materi, kami berusaha untuk membangun suasana yang interaktif dan menyenangkan bagi anak-anak dengan menggunakan bahasa yang mudah untuk dipahami oleh anak-anak dan wali muridnya.
Di akhir penyampaian materi, kami memberikan reward kepada anak-anak yang mampu untuk menjawab beberapa pertanyaan sederhana yang ditanyakan oleh pemateri. Selain itu, demi mencegah munculnya rasa ketidakadilan antara anak yang mendapat reward, kami membagikan bingkisan sederhana yang berupa cemilan ringan.
Melalui kegiatan psikoedukasi tentang gadget, diharapkan anak-anak dapat meminimalkan penggunaan gadget dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan sedikit masukan kepada orang tua tentang bahaya penggunaan gadget yang berlebihan dan dapat memberi solusi bagi permasalahan orang tua pada masa globalisasi teknologi saat ini.
Oleh : Kelompok 95 – Gelombang 11 PMM UMM