Masuk Tahun Kedua, SCDC Memantapkan Kualitas Skill

Author : Humas | Tuesday, October 03, 2023 09:46 WIB | Malang Posco Media -

SINERGI: Rektor UMM Prof. Dr. Fauzan, M.Pd bersama para perwakilan dunia usaha dan dunia industri mengapresiasi perkembangan SCDC sebagai program CoE yang dikembangkan Prodi Ilmu Komunikasi UMM.

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Center of Excellence (CoE) School of Creative Digital Communication (SCDC) yang dimiliki Prodi Ilmu Komunikasi (Ikom) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memasuki tahun kedua. CoE ini optimis  melahirkan talenta muda yang ahli dalam social media for branding, digital marketing, content creator, social media analysis, serta copywriting.

Hal itu ditegaskan langsung oleh Ketua Prodi Ilmu Komunikasi UMM, Nasrullah, M.Si pada acara SCDC Inaugural di Ballroom Rayz Hotel UMM, 29 September lalu. Pada batch 2 atau tahun kedua ini, ada 40 mahasiswa yang mengikuti program COE SCDC.

Setidaknya mereka akan mengikuti program tersebut selama dua semester. Tidak lupa, bahwa COE tersebut juga bekerjasama dengan berbagai dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Di antaranya PT. Trinusa Sosialoka Indonesia, ID Digital Entertainment, PT. Satoria Aneka Industri, Lembaga Sensor Film Republik Indonesia, hingga Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) di berbagai daerah di Indonesia.

“Tahun pertama kemarin ada 30 mahasiswa yang mengikuti program COE ini. Melihat tingginya antusias dan kebutuhan dari DUDI, tahun ini kami tambah kuotanya menjadi 40 mahasiswa yang telah mengikuti seleksi ketat. Para mahasiswa yang menjadi peserta juga akan mendapatkan konversi mata kuliah sebanyak 20 SKS di setiap semesternya,” jelasnya.

Turut hadir Rektor UMM Prof. Dr. Fauzan, M.Pd yang menyampaikan bahwa CoE hadir untuk menjawab kebutuhan DUDI terkait sumber daya manusia yang unggul di dunia kerja. Dia sempat menceritakan pengalamannya duduk bersama dengan petinggi perusahaan yang seringkali mengeluhkan kualitas SDM para fresh graduate.

“Salah satu alasan awal adanya COE itu sebagai jawaban atas keresahan pimpinan perusahaan akan kualitas lulusan universitas di Indonesia. Akhirnya UMM memberikan terobosan yang menarik yakni CoE yang mencetak lulusan dengan kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan DUDI. Jadi saat masuk ke perusahaan, mereka tidak perlu lagi training karena sebenarnya mereka sudah memilikinya saat mengikuti CoE,” kata Fauzan.

Sementara itu, Fauzia Hanifa salah satu peserta COE SCDC Batch 1 mengaku ada berbagai ilmu yang didapatkannya selama mengikuti program itu. Dia mengatakan, para praktisi yang dihadirkan sangat cakap membimbing para peserta.

Apalagi mereka memang ahli, terjun dan bekerja langsung terkait apa yang diajarkan. Ia dan rekan-rekannya juga berkesempatan untuk magang di DUDI, sehingga tidak hanya materi yang didapat dari para praktisi, tapi mereka benar-benar turut bekerja dan berlatih di berbagai lokasi di bidang social branding. “Salah satu yang sangat membantu adalah pembelajaran yang runtut, mulai dari grand design mengelola media, manajemen medsos, hingga peningkatan branding. Tidak sekedar teori saja, namun terdapat praktik langsung setelah diberikan teori,” pungkasnya. (imm)

Harvested from: https://malangposcomedia.id/masuk-tahun-kedua-scdc-memantapkan-kualitas-skill/
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared: