Bantu Tuna Grahita, Mahasiswa UMM Kembangkan Aplikasi Pembelajaran

Author : Humas | Tuesday, August 22, 2023 12:22 WIB | rri.co.id -

Bantu Tuna Grahita, Mahasiswa UMM Kembangkan Aplikasi Pembelajaran

KBRN, Malang : Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Muhammad Haddad Richard dan Imelda Azaliya Rahma mahisiswi prodi informatika Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengembangkan sebuah aplikasi pembelajaran untuk anak-anak tuna grahita. Meski masih dalam bentuk prototipe, namun inovasi ini  sukses mengantarkan keduanya menjadi finalis English Nasional Competition yang diadakan di Sumatera Utara. 

“Saat ini, aplikasi itu dan dikembangkan lebih lanjut. Latar belakang kami membuat aplikasi ini karena anak dengan keterbelakangan dan kemampuan mental yang berada di bawah rata-rata membutuhkan model pembelajaran yang berbeda dengan anak lainnya,” kata Haddad, Selasa (22/8/2023).

Aplikasi ini diberi nama CAGGAR (Card Game Augmented Reality), yakni permainan kartu yang bisa menampilkan tiga dimensi sebagai media pembelajaran untuk memudahkan anak tuna grahita. 

“Nantinya id card akan terhubung dan dapat mengeluarkan gambar atau tampilan 3 dimensi melalui telepon genggam. Saat ini, prototipe dari aplikasi tersebut bisa dilihat di Figma,” jelasnya.

Meski begitu, Haddad mengaku sempat mengalami kendala dalam menyelesaikannya. Apalagi masih sedikit penelitian yang bisa ditemui sebagai referensi.

“Saat rampung nanti, aplikasi ini diharapkan dapat membantu anak tuna grahita dalam mempelajari bahasa Inggris yang interaktif bersama guru,” ujarnya. 

Harvested from: https://www.rri.go.id/malang/iptek/329779/bantu-tuna-grahita-mahasiswa-umm-kembangkan-aplikasi-pembelajaran
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared: