BPS : kepuasan jamaah haji 2011 di atas standar

Author : Administrator | Tuesday, July 17, 2012 14:01 WIB
Ilustrasi. Sejumlah jamaah haji Indonesia membawa barangnya saat antre memasuki pemeriksaan imigrasi di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi.(FOTO ANTARA/Prasetyo Utomo)

Jakarta (ANTARA News) - Tingkat kepuasaan jamaah haji tahun 2011 terhadap pelayanan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) secara keseluruhan tergolong di atas standar, demikian menurut survei dari Badan Pusat Statistik (BPS).

"Secara keseluruhan, tingkat kepuasan jamaah haji sebesar 83, 31 persen yang berarti tergolong memuaskan atau di atas standar," kata Kepala BPS Suryamin, saat menyampaikan hasil survei, di Gedung BPS, Jakarta Pusat, Selasa.

Aspek pelayanan dengan pemenuhan harapan tertinggi dari jamaah haji terdapat pada pelayanan petugas kloter, yakni sebesar 88,37 persen.

Menurut Suryamin, indeks rata-rata sebesar 83,31 persen tersebut diperoleh dari 5.348 kuesioner yang layak diolah atau 98,50 persen dari 5.428 dari respon yang terkumpul.

Suryamin menambahkan meskipun tingkat kepuasan jamaah haji terhadap pelayanan PPIH disimpulkan di atas standar, namun di beberapa kategori seperti pelayanan transportasi dan katering di beberapa daerah kerja PPIP masih rendah.

Untuk transportasi, tingkat kepuasan tercatat 77,41 persen dan katrering 78,07 persen.

"Tingkat kepuasaan tersebut di bawah 90 persen jadi tergolong rendah jika dibandingkan kategori-kategori lain," katanya.

BPS mengambil sampel sebanyak 2.500 responden di setiap daerah kerja PPIH 2011, yakni Jeddah, Mekah, Madinah, dan Armina.

Selain itu, BPS juga melakukan survei dengan metode wawancara dengan mengambil sampel per kloter di setiap embarkasi pemberangkatan jamaah haji 2011.

Harvested from: http://www.antaranews.com
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared: