Afdhil, Mahasiswa UMM yang Bawa Pulang Juara di Ajang Tarik Suara

Author : Humas | Selasa, 21 November 2023 08:53 WIB
Afdhil Mahasiswa UMM yang Berhasil Sabet Juara 3 Ajang Kejuaraan Bintang Radio Malang (Foto : Istimewa)

Adalah Afdhil, Mahasiswa Fakultas Psikologi (Fapsi) Angkatan 2021 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang berhasil meraih terbaik 3 dalam kejuaraan Bintang Radio Malang yang diselenggarakan oleh Radio Republik Indonesia (RRI) Malang. Ia menyabet juara tersebut pada 15 November lalu mengalahkan lebih dari 30 peserta lain.

Baca juga : Mahasiswa UMM Juara Esai Nasional berkat Solusi Atasi Masalah Laut Cina Selatan

Pria yang memiliki hobi bermain basket tersebut mengaku bahwa persiapan yang dilakukannya hanya tiga hari menjelang kejuaraan. Ia mau tidak mau harus mengoptimalkan waktu tersebut untuk melatih dan menciptakan ciri khas sendiri dalam membawakan lagu. Begitupun dengan penguasaan panggung agar tidak grogi. 

“Dalam kejuaraan tersebut, saya membawakan lagu dari Fabio Asher dengan judul Bertahan Terluka. Untuk bisa menciptakan keuninkan dan karakter saya dalam bernyanyi, saya optimalkan tiga hari untuk menciptakan dan karakter suara itu untuk diri saya sendiri. Selain itu mengaransemen lagunya agar terdengar berbeda. Jadi tidak sama persis nada dan intonasi dari lagu originalnya,” ungkapnya.

Baca juga : Ustad Dasad Latif Beri Pesan ini Pada Mahasiswa UMM

Dia merasa senang dan bahagia saat meraih penghargaan terbaik 3 tersebut. Terlebih lagi dia berkesempatan untuk lanjut mengikuti kejuaraan Bintang Radio di tingkat Nasional. Tentu, dalam setiap perlombaan pasti ada halangan, termasuk lomba yang diikuti Afdhil. Gugup merupakan salah satunya. Meski ia sering tampil dalam acara besar dan ebrgengsi di UMM, namun beberapa detik di panggung ia merasa grogi.

“Saya kan tahu info lombanya cukup mepet dengan waktu pelaksanaan, jadi persiapan juga mendadak. Rasa gugup pasti ada, namun saya membayangkan menyanyi di event-event kampus yang biasa saya isi,” kata Afdhil. 

Terakhir, dia berpesan kepada seluruh mahasiwa UMM untuk percaya diri untuk unjuk gigi kemampuan serta bakat dengan mengikuti berbagai kejuaraan. Menurutnya, kompetisi menjadi wadah untuk mengukur kemampuan diri dan melatih mental dalam berkontestasi. 

“Setiap bakat akan tumpul bahkan hilang jika kita tidak melatih dna mengembangkannya. Harus percaya diri dan berani mencoba hal baru. Apalagi di UMM ada banyak wadah yang bisa diikuti sesuai dengan minat, bakat, serta potensi yang kita miliki masing-masing,” pungkasnya. (*faq/wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image