Aktif di bidang SDGs, Alumnus UMM Turut Andil di WWF ke 10

Author : Humas | Selasa, 28 Mei 2024 14:24 WIB
Pelaksanaan World Water Forum di Bali (Foto : Istimewa).

Adalah Haziz Hidayat, alumnus Program Studi (Prodi) Ekonomi Syariah Univeristas Muhammadiyah Malang (UMM) yang menjadi salah satu perwakilan anak muda di World Water Forum (WWF) 2024, di Bali pada Mei ini. Ia yang mewakili SDGs Center UMM, turut andil memberikan solusi atas masalah global, terutama terkait air.

“Pada Forum WWF itu saya berbagi kisah dan ide dengan pemuda-pemuda lainnya. Menjalin persahabatan dengan teman dari berbagai negara dan memperkenalkan UMM yang turut aktif menjalankan misi melalui SDGs Center UMM,” ucapnya.

Ia merasa sangat bangga bisa bagian dari WWF dari UMM dan memperkenalkan Kampus Putih di hadapan dunia. Haziz, sapaannya juga bisa banyak belajar terkait isu terkini dalam level global. Khususnya terkait ketersediaan air. Apalagi air memang merupakan bagian penting dalam keberlangsungan hidup manusia.

Baca juga: UMM Wakili Kampus Indonesia di Ajang WWF dan Direkognisi UNESCO

Tak hanya itu, ia juga turut memperkenalkan Center of Excellent (CoE) UMM di hadapan perwakilan dari berbagai negara di WWF. Menurutnya, CoE bisa menjadi solusi dan dapat diterapkan di kampus bahkan daerah-daerah lain/ Terlebih lagi, melalui CoE UMM mahasiswa dilatih berbagai keahlian yang sesuai minat bakat mereka untuk menyongsong masa depan depan yang lebih baik bagi dirinya dan lingkungan.

Adapun WWF ke-10 yang diadakan di Nusa Dua Bali memiliki tiga misi khusus yang disepakati yakni center of excellence on water and climate Resilience, mainstream integrated water management in small lands, dan kegiatan rutin world lake days. “Tiga misi WWF ini juga dapat dijadikan kiblat bagi UMM dalam mendirikan CoE baru yang bertemakan air. Terlebih lagi CoE umm telah berjalan cukup lama sehingga pendirian program serupa juga tidak akan sulit,” tambahnya. 

Baca juga : Presiden Iran Meninggal, Bagaimana Dukungan untuk Palestina?

Terakhir, ia berharap keterlibatannya dan UMM dalam forum WWF ini dapat menjadi pembuka dan motivasi bagi mahasiswa untuk ikut terlibat dalam menjaga ketersediaan air dunia. Setelah forum ini selesai, target khusus Haziz adalah menyelenggarakan dan mendirikan komite khusus air yang bisa dijadikan konsentrasi UMM untuk turut andil melestarikan bumi. (tri/wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image