Alumnus Sosiologi UMM, Kini Kelola Sistem Informasi RSUD di Jayapura

Author : Humas | Rabu, 14 Agustus 2024 09:19 WIB
Seto Aji Nurkhotib. S.Sos (bagian tengah memegang penghargaaan) Alumnus prodi Sosiologi UMM, kini menjabat sebagai Kepala Unit Sistem Informasi di RSUD Ramela Muara Tami, di kota Jayapura, Papua (Foto: Istimewa)

Adalah Seto Aji Nurkhotib. S.Sos Alumnus Program Studi (Prodi) Sosiologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), kini menjabat sebagai Kepala Unit Sistem Informasi di RSUD Ramela Muara Tami, di kota Jayapura, Papua. Selama masa studinya, Aji dikenal sebagai mahasiswa yang aktif dalam berbagai organisasi kemahasiswaan. Pengalaman organisasi ini dinilai sangat berpengaruh dalam menunjang karirnya saat ini.

Setelah lulus dari kampus putih, Aji sapaan akrabnya memutuskan untuk terjun ke dunia teknologi informasi meskipun latar belakang pendidikannya adalah sosiologi. Keputusan ini bukan tanpa alasan. Aji melihat bagaimana sistem informasi dapat berperan penting dalam peningkatan pelayanan di sektor kesehatan, khususnya di rumah sakit.

Baca juga : Mahasiswa UMM Edukasi Program Isi Piringku dengan Media Pop-Up Book

"Saya ingin membawa perubahan dengan mengimplementasikan sistem informasi yang efektif di RSUD Ramela Muara Tami. Ini adalah tantangan yang besar, tetapi juga peluang untuk belajar dan berkontribusi lebih banyak," jelas Aji.

Sebagai kepala unit, Aji bertanggung jawab untuk memastikan bahwa sistem informasi di rumah sakit berjalan dengan lancar dan efisien. Ia bekerja sama dengan timnya untuk mengembangkan sistem yang mampu menangani berbagai kebutuhan administrasi dan operasional rumah sakit.

Latar belakang sosiologi memberikan Aji landasan yang kuat untuk memahami dan mengatasi tantangan yang bersifat manusiawi dan organisasional dalam penerapan teknologi informasi di lingkungan rumah sakit. Dengan ini, Aji dapat membawa pendekatan yang lebih seimbang antara teknologi dan aspek sosial, yang akhirnya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di RSUD Ramela Muara Tami.

Aji juga mengaku bahwa ia turut aktif dalam organisasi internal kampus, seperti Himpunan Mahasiswa Sosiologi (himasogi) yang membuat Aji banyak belajar mengenai cara mengelola sebuah kelompok, berpikir kritis, berinteraksi dengan banyak orang, dan mengatasi berbagai tantangan yang ada. Aktivitas organisasi yang dijalani semasa berkuliah menurutnya menjadi kesempatan untuk membangun jaringan yang luas, dan menunjang dalam dunia pekerjaan.

“Saya bertemu dengan banyak orang dari latar belakang yang berbeda. Hal ini membantu saya memahami perspektif yang berbeda dan mengaplikasikannya dalam pekerjaan saya sekarang," ungkapnya. 

Baca juga : Mahasiswa UMM, Ciptakan Alat Deteksi Rematik

Pengalaman dan keterampilan yang didapatkan Aji selama berorganisasi di masa kuliah terus menjadi modal utamanya dalam menjalani peran ini. Menurutnya, kemampuan berkomunikasi dan beradaptasi adalah dua hal penting yang selalu ia pegang teguh dalam setiap situasi.

"Kunci dari sukses adalah komunikasi yang baik dan kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan. Ini adalah pelajaran berharga yang saya dapatkan dari masa-masa kuliah dulu," tutup Aji.

Dengan tekad dan dedikasi yang kuat, Aji terus berupaya untuk membawa inovasi dalam sistem informasi rumah sakit, dengan harapan dapat meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat di Jayapura dan sekitarnya. (Ri/Faq)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image