Bangga, Pojok Statistik UMM Bawa Pulang Juara di Ajang Statistik Nasional

Author : Humas | Rabu, 02 Oktober 2024 09:21 WIB
Pojok Statistik UMM yang berhasil meraih juara dua tingkat nasional (Foto : Istimewa)

Kabar membanggakan kembali datang dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kali ini giliran Pojok Statistik UMM yang berhasil meraih juara dua tingkat nasional. Adapun pojok statistika ini juga dibina langsung oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batu. Pemberian anugerah tersebut diberikan dalam ajang Hari Statistik Nasional, tepatnya pada 26 September lalu di Jakarta. 

Koordinator Pojok Statistik UMM Hendra Kusuma menjelaskan bahwa kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) RI itu bertujuan untuk memberikan apresiasi instansi-instansi pendidikan dan lembaga yang telah berkontribusi dalam pengembangan literasi serta pelayanan statistik di Indonesia. 

Baca juga : Mahasiswa UMM Kembangkan Smart Farming untuk Petani Kopi

Iini merupakan pencapaiaan terbaik yang pernah diraih oleh timnya. Adapun Pojok Statistik UMM telah berdiri sejak tahun 2022 dan berperan dalam membantu menjembatani antara pemerintah dengan semua lini yang memanfaatkan sebuah data. Baik itu mahasiswa yang sedang melakukan penelitian ataupun pihak pemerintah yang sedang membuat suatu kebijakan. Maka peran sebenarnya dari Pojok Statistik ini yakni memberikan edukasi tambahan bagi para pengguna data terkait cara memperoleh data hingga cara penggunaannya,” jelasnya.

Adapun saat ini, jumlah persebaran Pojok Statistik di Indonesia kini telah mencapai 130. Hal itu tentu menjadi kabar menggembirakan sebagai pengelola Pojok Statistik UMM. Apalagi pojok statistik bisa mencapai posisi kedua se-Nasional. Pada tahun sebelumnya, mereka juga berhasil membawa raihan juara yakni peringkat tiga se-indonesia. 

Berbagai inovasi dalam segi statistik dan keaktifan telah dilakukan oleh Pojok Statistik UMM seperti membuat 359 infografis, membuat 79 video grafis, dan melakukan edukasi sebanyak 36 kali kepada seluruh masyarakat. Banyaknya jumlah infografis tersebut didapatkan dari kegiatan para mahasiswa yang melakukan penghimpunan data di wilayah kota Batu. Sehingga menurutnya peran mahasiswa sangat penting dalam membantu mengembangkan Pojok Statistik UMM ini.

Baca juga : Penelitian Mahasiswa UMM Ini Sukses Atasi Wabah Virus pada Udang Vanname

“Kami juga juga telah bekerjasama dengan Pemkot Batu dan juga Kementrian Desa dalam melakukan sensus kajian investasi di desa. Hal tersebut menjadikan UMM sebagai satu-satunya universitas yang memiliki data di tingkat desa, utamanya yang berkaitan dengan jumlah investasi di lingkup kajian desa dan kelurahan Kota Batu,” katanya.

Sebagai penutup, ia berharap Pojok Statistik UMM dapat terus dimanfaatkan oleh berbagai pihak, termasuk pihak prodi dan fakultas lain yang ada dilingkup kampus. Menurutnya, Pojok Statistik kaya akan berbagai data, mulai dari data seputar kesehatan, hukum hingga data terkait survei sensus pertanian di Indonesia. Sehingga dapat membantu para mahasiswa, dosen, peneliti bahkan masyarakat dalam memperoleh suatu data. (zaf/wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image