Begini Serunya Gramedia Goes to Campus di UMM

Author : Humas | Jum'at, 25 Oktober 2024 09:12 WIB
Hadir di UMM, program Gramedia Goes to Campus hadir dan memberikan beragam kegiatan menarik bagi anak-anak muda dan mahasiswa (Foto : Humas) 

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali menjadi tuan rumah acara-acara menarik. Kali ini program Gramedia Goes to Campus hadir dan memberikan beragam kegiatan menarik bagi anak-anak muda dan mahasiswa. Mulai dari talkshow pengembangan diri, pelatihan yang meningkatkan skill, bahkan sederet tryout menarik. Adapun Keseruan acara itu berlangsung selama dua hari yakni 23-24 Oktober ini.

Pada hari pertama, para mahasiswa dan anak muda berkesempatan untuk ikut berbagai workshop dan try out. Di antaranya pelatihan tes minat bakat, try out IELTS, wokrshop pembuatan CV, hingga interview in english fo job yang membantu para mahasiswa ketika lulus nanti. Semua itu dilakukan UMM dan Gramedia untuk meningkatkan dan melatih softskill para mahasiswa. Tercata, ada lebih dari 300 mahasiswa yang mengikuti rangkaiaan kegiatan ini.

Baca juga : FPP UMM Perkuat Rekognisi Internasional dengan Summer Course

Sementara itu, pada hari kedua program tersebut menghadirkan sederet narasumber yang ahli dalam bidangnya. Ada penulis buku Mariposa Luluk HF yang juga merupakan alumnus UMM. Kemudian juga Gus Dhofir, penulis buku Peradaban Sarung hingga seorang CEO dan Co-Founder dari Inspigo yang bernama Tyo Guritno. Mereka memberikan berbagai topik menarik agar para mahasiswa bisa mempersiapkan karir dengan baik. Melatih kepercayaan diri dalam diri mahasiswa dan mampu bersaing di dunia kerja kelak. 

Dalam paparannya, Luluk HF mengatakan bahwa penulis pemula perlu memiliki mindset yang kuat dan tidak berekspektasi berlebihan dalam karya-karya yang sudah dibuat. Yang terpenting adalah bagaimana penulis dapat berkomitmen untuk terus berkarya dan memberikan dampak. Salah satu cara yang biasa ia buat adalah dengan menyusun tangga pencapaiaan diri. Dengan begitu, para penulis, terutama pemula, bisa mengetahui seberapa jauh mereka sudah melangkah dan mengetahui arah masa depannya. 

“Semangat yang naik turun itu wajar karena manusia tidak setiap hari bahagia. Maka dari itu, kita harus memahami diri sendiri. Jika sedang ada diposisi surut, jangan terlalu memaksakan diri untuk menulis. Tenangkan diri telebih dulu hingga suasana membaik sehingga setelah itu kita bisa mencoba menulis kembali,” ujarnya memberi tips agar dapat konsisten menjadi seorang penulis.

Di sisi lain, Direksi Gramedia Heri Darmawan mengatakan pihaknya memang memiliki visi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Maka dari itu, timnya datang ke kampus UMM untuk memberikan kontribusi dan memberikan dampak baik, utamanya dalam bidang pendidikan. “Semoga program ini benar-benar bisa memberikan pencerahan dan membuka jalan kesuksesan bagi para anak muda,” katanya berharap.

Baca juga : Berkat Relasi Internasional UMM, Dosen FH Ini Terbang ke Portugal

Hal serupa juga disampaikan Rektor UMM Prof. Nazaruddin Malik, M.Si. Menurutnya, agenda hasil kolaborasi UMM, Gramedia, dan Bank Danamon ini sangat insightful. Ada banyak hal baru yang mungkin belum mahasiswa tahu. 

“Saya senang sekali kalau ada event-event yang fokusnya pada pengembangan karir di masa depan, termasuk pentingnya menulis. Tugas saya tentu menyemangati dan mewadahi generasi muda, khususnya UMM, untuk selalu terbuka pikirannya. Selain itu juga mendukung peningkatan tingkat literasi generasi muda,” tegasnya. (wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image