Belum Setahun Berdiri, Pojok Statistik UMM Raih Penghargaan dari BPS Nasional

Author : Humas | Senin, 04 Desember 2023 07:33 WIB
Rektor UMM Prof. Dr. Fauzan, M.Pd saat Menerima Penghargaan dari BPS di Jakarta (Foto : Istimewa)

Meski belum genap setahun berdiri, Pojok Statistik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sukses mendulang prestasi di level nasional. Berkat kontribusi dan keaktifannya, Pojok Statistik UMM mendapatkan penghargaan bergengsi dari Badan Pusat Statistik (BPS) Nasional, 4 Desember 2023. Adapun penghargaan itu langsung diterima oleh Rektor UMM Prof. Dr. Fauzan, M.Pd. di Jakarta.

Tim Pojok Statistik UMM Muhammad Sri Wahyudi Suliswanto, SE., ME. menjelaskan, ada beberapa kategori yang dilombakan dalam ajang tersebut. Kampus Putih UMM berhasil memberikan impresi baik dan mengalahkan 108 pojok statistik se-Indonesia. Semua itu berkat beragam kegiatan, aktivitas dan keterlibatan mahasiswa di setiap prosesnya. 

“Kami memang aktif melibatkan survey dan mendiseminasikan hasilnya. Berbagai data dikumpulkan para mahasiswa yang terlibat kemudian dibuat poster. Hingga akhirnya kami unggah di web pojok statistik. Kami sangat bangga pula karena melihat kenyataan bahwa meski pojok statistik UMM belum setahun berdiri, tapi kiprahnya sudah diapresiasi,” tambahnya.

Baca juga : Dosen HI UMM: Perlu Kajian Menyeluruh sebelum Membangun Smelter di Papua

Yudi, begitu ia kerap disapa, melanjutkan bahwa aktivitas pojok statistik terinspirasi sistem Center of Excellence (CoE) yang sudah dijalankan UMM. Para mahasiswa disebar dan diminta turut aktif di BPS maupun survey-survey. Salah satunya survey terkait potensi desa dana memberikan rekomendasi apa saja potensi produk yang bisa dikemangkan di desa-desa terkait. Kegiatan ini, kata Yudi, juga menjadi embrio untuk mendirikan CoE baru di prodi Ekonomi Pembangunan (EP). 

“Satu dari sekian potensi desa yang menarik adalah potensi pengembangan anggrek di salah satu desa di Kota Batu. Kemudian nanti bisa ditindaklanjuti melalui pelatihan pengembangan produk hingga proses pemasaran,” katanya.

Terakhir, Dosen EP itu berharap Pojok Statistik UMM bisa kembali meraih penghargaan di tahun depan. Apalagi dengan komitmennya untuk mengoptimalkan program satu data dan terintegrasi. Begitupun dengan jangkauannya yang semakin meluar ke berbagai daerah lain.

Baca juga : Aktif Terbitkan Buku Berkualitas, UMM Press Menangkan Penghargaan dari Pemprov Jatim

Sementara itu, Direktur Diseminasi Statistik BPS Dwi Retno Wilujeng W.U. mengatakan, ada lebih dari 600 tamu yang hadir dan meramaikan malam penghargaan itu. Mulai dari pihak kementerian, lembaga, pemerintah daerah, akademisi, pengusaha, hingga para awak media. Menurutnya, agenda seperti ini diharapkan bisa meningkatkan koordinasi dan kerjasama BPS dengan berbagai pihak yang ada. Terutama dalam upaya penyediaan dan pemanfaatan data untuk membangun negeri bersama. (*wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image