Dari Raisa hingga Tiara, Alumnus UMM Ini Sukses Bikin MV Artis Ternama

Author : Humas | Rabu, 09 Oktober 2024 09:10 WIB
Wahyu Taufani Prialangga alumnus Ilmu Komunikasi UMM yang sukses berkarir di dunia industri audio visual sebagai sutradara atau film director (Foto : Istimewa)

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) tak pernah berhenti melahirkan generasi emas, baik di dunia pendidikan maupun dunia kerja. Salah satunya alumnus Ilmu Komunikasi UMM satu ini yang sukses berkarir di dunia industri audio visual sebagai sutradara atau film director. Ia adalah Wahyu Taufani Prialangga yang sukses menyutradarai video musik berbagai penyanyi kondang Indonesia. Ia yang menyukai dunia musik itu sudah melakoninya selama lima tahun belakangan.

Angga, sapaan akrabnya, mengaku sudah membuat ratusan MV selebritas papan atas tanah air. Di antaranya, Raisa, Noah, Rossa, Lyodra, Tiara Andini, JKT48, Slank, Rizky Febian, Coldiac, dan masih banyak lagi. Kesuksesan karirnya berawal dari masa masa mudanya yang sangat menyukai musik dan tumbuh besar di lingkungan pertemanan dengan para musisi Malang seperti Coldiac dan Sal Priadi. Di samping itu, beberapa director film menginspirasinya untuk berkecimpung di indusri ini, seperti Angga Dwimas Sasongko dan Yandy Laurens.

Baca juga : Bening, Mahasiswa UMM yang Jalani Kuliah di Italia

“Pertama tentu karena saya suka musik dan memang berada di lingkungan pertemanan musisi di malang seperti Coldiac dan Sal Priadi. Akhirnya, saya mencoba meng-handle MV kedua musisi luar biasa Malang tersebut. Selain itu, saya juga terinspirasi dari Angga Sasongko dan Yandy Laurens dan harapnnya bisa turut mengikuti jejak mereka. Dimulai dengan berkarir dan bikin MV," sambungnya.

Lebih lanjut, pria asal Lamongan yang besar di Malang tersebut menganggap pekerjaannya sebagai hal yang menyenangkan. Untuk itu, Ia mengaku tidak merasa kesulitan karena seru bisa bekerja sama dengan banyak orang baru dengan latar belakang dan karakter pribadi yang berbeda. Selain itu, banyak hal baru yang Ia dapatkan dan pelajari tentang industri ini setelah lima tahun lebih terjun di dalamnya. Ia juga memiliki pandangan tentang bagaimana karakter MV yang dihasilkannya. Menurutnya, komponen terpenting dalam menciptakan suatu MV yang bagus dan indah adalah kejujuran, sehingga menghasilkan karakter MV yang ‘hidup’. 

“Dari pengalaman saya, ranah industri ini luas sekali. Selain banyak belajar hal baru, menjadi bagian dari industri ini menuntut kita untuk belajar dan terus belajar.  Bagus itu soal selera. Saya sendiri, ingin lebih jujur dalam membuat MV dan menuangkan melalui simbol-simbol dan pengadeganan sesuai segmen audience MV tersebut,” tambahnya.

Baca juga : Tahun ini, Lima Prodi FPP UMM Raih Akreditasi Internasional

Berbagai pengalaman dan materi yang ia dapatkan seama kuliah di UMM sangat bermanfaat. Hal itu dapat menjadi bekal yang bagus untuk berkarya di dunia tersebut. Adapun ke depannya, Ia berharap semoga bisa mengerjakan film panjang di bioskop. 

“Kuncinya adalah konsisten. Karena tidak ada yang tidak mungkin kalau kamu mau terus mencoba. Intinya, konsisten membuat suatu karya secara terus menerus,” pesannya. (*)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image