Diskusi RBC Institute UMM: Pentingnya Kesadaran Perempuan Lawan Kekerasan

Author : Humas | Jum'at, 20 September 2024 09:30 WIB
RBC Institute A. Malik Fadjar Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menjadi tuan rumah acara diskusi publik kolaborasi dengan Pimpinan Wilayah Nayiatul Aisyiyah (PWNA) Jawa Timur (Foto : Istimewa)

RBC Institute A. Malik Fadjar Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menjadi tuan rumah acara diskusi publik pada 19 September ini. Mereka berdiskusi terkait ‘Merawat Kesadaran Kritis Perempuan dalam Melawan Kekerasan’. Acara kolaborasi antara RBC Institute dan Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah (PWNA) Jawa Timur itu menghadirkan Prof. Alimatul Qibtiyah, Ph.D. komisioner Komisi Nasional Perempuan Republik Indonesia sebagai pembicara utama.

Dalam diskusi itu, Alimatul mengupas tuntas tantangan-tantangan yang dihadapi perempuan dalam melawan kekerasan, khususnya kekerasan seksual. Salah satu fokus utama yang diangkat adalah kesadaran kritis perempuan terhadap kondisi sosial-budaya yang sering kali memarjinalkan korban kekerasan seksual.

Baca juga : UMM Potato Seeds Sukses Kembangkan Bisnis Benih Kentang

“Banyak korban kekerasan seksual enggan melapor karena mitos yang masih kuat di Indonesia terkait keperawanan. Sementara mitos keperjakaan tidak ada. Kondisi tidak perawan sering kali dianggap menjijikkan sehingga korban memilih untuk diam. Belum lagi adanya reviktimisasi. Korban justru sering disalahkan kembali dengan ucapan-ucapan seperti, ‘kamu sih genit’ atau ‘kamu yang memancing’,” katanya.

Ia juga menekankan pentingnya merawat kesadaran kritis di kalangan perempuan agar mereka bisa melawan stereotip yang membatasi hak-hak mereka, termasuk dalam melawan berbagai bentuk kekerasan. Menurutnya, diskusi ini menjadi platform penting bagi para peserta untuk berbagi pengalaman, pandangan, dan strategi dalam mengatasi stigma yang mengakar kuat di masyarakat.

Adapun acara yang terbuka untuk umum ini dihadiri oleh peserta dari berbagai lapisan masyarakat. Termasuk sivitas akademika dari berbagai universitas, perwakilan PDNA se-Malang Raya, dan siswa-siswi dari Sekolah Pesantren Enterpreneur Al Maun Muhammadiyah (SPEAM) Kota Pasuruan sebagai peserta termuda. Bahkan, banyak peserta datang dari luar kota seperti Trenggalek dan Pasuruan yang turut serta dala diskusi yang berlangsung di RBC Institute.

Baca juga : FKIP UMM Terpilih Jadi Anggota Konsorsium Pendidikan Guru Indonesia-Australia

Direktur Eksekutif RBC Institute Subhan Setowara berharap agenda itu dapat membuka ruang-ruang diskusi lebih luas di kalangan masyarakat untuk mendukung perempuan. Utamanya dalam perjuangan mereka melawan kekerasan, terutama melalui pemahaman yang lebih mendalam mengenai faktor-faktor sosial yang menyebabkan mereka sulit melapor atau bahkan tertekan secara psikologis.

"Melalui diskusi ini, peserta dapat mengambil peran lebih aktif dalam merawat kesadaran kritis untuk mewujudkan lingkungan yang lebih aman dan adil bagi perempuan,” tegasnya. (*/wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image