Ini Keaktifan Amcor UMM, Beberkan Cara Belajar di US hingga Program Inovatif

Author : Humas | Rabu, 02 November 2022 04:22 WIB
Info Session on The U.S. Exchange Programs yang di Gelar AmCor UMM. (Foto: Istimewa)

Setelah sukses menggelar info session dan exibition Education USA, Kali ini, American Corner (AmCor) Universitas Muhammadiyah malang (UMM) menyelenggarakan “Info Session on The U.S. Exchange Programs” pada Jumat ( 21/10) lalu. Agenda hasil kolaborasi dengan U.S. Consulate General Surabaya ini menghadiran sederet pembicara yang memotivasi mahasiswa untuk mengecar cita-cita ke luar negeri.

Salah satunya adalah Cultural Affairs Assistant US Consulate General Surabaya Puguh Budi Susetyo. Ia menyampaikan ada banyak program yang bisa diikuti anak muda, salah satunya Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI). Melalui YSEALI Academic Fellows Program, mahasiswa mendapatkan rangkaian agenda akademik intensif, leadership development, study tour, serta pengalaman mengikuti kegiatan community service.

“Tujuan program ini yaitu untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan dan meningkatkan pemahaman pemuda di ASEAN terhadap Amerika Serikat. Program tersebut akan memberikan banyak pengetahuan dan juga hal baru bagi peserta yang mengikutinya. Ada banyak project berbasis anak muda yang bisa mendorong peserta menjadi pemimpin,” jelas Puguh.

Baca juga: Aziz, Mahasiswa UMM yang Berkontribusi di Ajang V20

YSEALI tidak hanya ditujukan bagi mahasiswa, tapi juga untuk tenaga kependidikan atau dosen dari negara-negara ASEAN. Dengan begitu, para peserta bisa bertukar pikiran dan ide. Kemudian mengimplementasikannya di negara masing-masing.

Turut hadir Director of Public Affairs U.S. Embassy Surabaya Joshua Shen yang memantau perkembangan American Corner UMM serta merekatkan hubungan dengan para volunteer dan anggota. Menariknya, Joshua juga menegaskan akan melakukan extend partnership dengan International Relation Office (IRO) UMM. Sehingga ada lebih banyak program yang bisa dilaksanakan dan diikuti oleh mahasiswa.

Baca juga: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak juga Dukung Trauma Center UMM

“Saya sudah banyak mendengar bahwa AmCor UMM menjadi AmCor yang sangat aktif. Selain dari program-program yang di adakan sendiri, saya lihat Amcor UMM juga banyak melakukan partnership dengan pihak lain yang memilki tujuan sama dengan misi American Spaces. Seperti misalnya Let’s Play dan iLitterless. Oleh karena itu, kami juga akan melakukan extend partnership,” Ungkap Joshua.

Disisi lain, salah satu peserta Eginuari Ilhani berharap Amcor bisa memberikan agenda menarik secara rutin. Selain bisa memotivasi mahasiswa untuk menuntut ilmu, menurutnya ajang seperti ini bsia memberikan hal baru yang menarik. Utamanya bagi mereka yang ingin atau sedang mempersiapkan diri untuk program pertukaran ke luar negeri.
“Acaranya seru sekali dan saya tertarik untuk mengikuti program tersebut, apalagi ke Amerika Serikat. Siapa yang tidak mau ke Amerika Serikat kan, semoga kedepannya lebih banyak program seru lagi,” ungkap Egi mengakhirinya. (zak/wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image