Kolaborasi RBC UMM Pethuk Puthuk Tingkatkan Literasi dan Budaya

Author : Humas | Selasa, 25 Juli 2023 03:27 WIB
Kolaborasi Bersama Rumah Baca Cerdas (RBC) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) di acara Pethuk Putuk Kembara Republik Gubuk dengan (Foto : Istimewa)

Dalam rangka meningkatkan literasi, Rumah Baca Cerdas (RBC) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berkunjung ke Desa Jabung, Malang pada 22 Juli lalu. Mengendarai Mobil Bakti Terhadap Bangsa (Terbang), mereka memberikan bacaan terbaik, menyediakan permainan edukasi hingga english fun kepada siswa- siswi. Kedatangan mereka juga menjadi bagian dari kolaborasi bersama di acara Pethuk Putuk Kembara Republik Gubuk.

Kegiatan dolan kali ini diikuti oleh lebih dari seratus siswa MI Sunan Kalijaga, Dusun Bando, Kecamatan Jabung. Ada empat agenda utama yang diberikan yakni workshop aeromodelling, workshop topeng bubur kertas, ukir mini figur, dan aktivitas literasi. Sederet kegiatan ini dipilih sebagai upaya meningkatkan kreativitas, pemahaman, dan pengetahuan kebudayaan Indonesia. 

Baca Juga : Kata Siapa Gim Berpengaruh Buruk? Ini Manfaatnya Menurut Dosen Teknik UMM

“Kami ingin menarik perhatian anak-anak dan membaut mereka perhatian dengan budaya serta minat baca. Maka dari itu, kami juga menyediakan banyak buku,” kata tim RBC UMM, Dessy Kusuma Dewi.

Sederet jenis buku sudah disiapkan. Mulai dari buku cerita, dongeng, kisah-kisah, bahkan juga oengetahuan menarik tentang alam semesta dan planet-planet. Mereka juga diajak berdiskusi tentang apa yang sudah dibaca sehingga membuat mereka menyukai kegiatan membaca. 

Menurut Dessy, sapaannya, dengan meresapi cerita dan karakter bacaan karya sastra atau fiksi, anak-anak bisa membuka pintu imajinasi dan kreativitas. Di samping itu juga dapat menghadirkan pengalaman yang mendalam dan melihat dunia dari perspektif berbeda.

Baca Juga : Beri Kontribusi Nyata, SDGs Center UMM Diakui Bappenas RI

Di lain sisi, kolaborasi tersebut sangat diapresiasi oleh Humas acara Pethuk Putuk Kembara Republik Gubuk, Ganif. Ia menjelaskan bahwa sebenarnya acara yang mereka selenggarakan tidak hanya diepruntukkan untuk anak-anak, tapi juga para warga dan masyarakat Dusun Bondo.

“Program untuk anak-anak kami sengaja menggandeng RBC UMM karena memang mereka sudah berpengalaman dalam memberikan literasi pada siswa-siswi. Sementara warga bisa mengikuti agenda-agenda lain yang sudah kami siapkan,” katanya.

Ganif berharap. Warga bsia menadapatkan kebaikan dan manfaat dari acara yang sudah diselenggarakan. Misalnya saja dengan mengelola limbah sampah kertas dan kayu menjadi barang baru serta layak pakai. Bahkan bisa menjadi produk yang bernilai. (Wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image