Kuliah Tamu Pemerintahan, Respon Pilkada Serentak

Author : Humas | Selasa, 27 Oktober 2015 17:44 WIB
Auri Adham Putro SSos MSi saat mengisi kuliah tamu Ilmu Pemerintahan di Aula BAU UMM, Selasa (27/10). 

MERESPON pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak yang akan berlangsung di 19 daerah se-Jawa Timur pada 9 Desember 2015 mendatang, program studi Ilmu Pemerintahan (IP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengadakan kuliah tamu bertema “Dinamika Politik Lokal Pemilihan Kepala Daerah Langsung di Indonesia”.

      Kegiatan yang berlangsung pada Selasa (27/10) di Aula Biro Administrasi Umum (BAU) UMM ini menghadirkan pembicara yang juga merupakan alumni IP UMM, Auri Adham Putro SSos MSi. Menurut Auri, mahasiswa IP harus berperan aktif dalam proses jalannya Pilkada.

      Auri menegaskan, sebagai pesta demokrasi lokal, mahasiswa IP harus menguasai tahapan penyelenggaraan pilkada. “Peran mahasiswa IP ialah mencermati pelaksanaan pilkada secara lebih arif dan bijaksana, karena Pilkada merupakan momen yang penting untuk dicermati, apalagi hal ini memang merupakan ranah mahasiswa IP,” kata Auri yang juga merupakan pejabat Bappeda Provisi Jambi ini.

      Auri tak lupa memotivasi mahasiswa agar memiliki kesiapan dalam menghadapi masa depan mereka. “Mahasiswa IP UMM harus menjadi pribadi yang optimis, berani, dan menguasai materi ilmu pemerintahan,” ujar Auri yang saat kuliah di UMM menjadi wisudawan terbaik dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) 3,9 ini.

      Auri sangat berharap, mahasiswa IP benar-benar menguasai ilmu pemerintahan beserta undang-undang (UU) yang berkaitan dengan pemerintahan, mengingat banyak kepala daerah yang bukan dari jebolan IP, sehingga pengetahuan tersebut akan sangat membantu nantinya.

      Kepala Jurusan IP UMM Hevi Kurnia Hardini SIP MA(Gov) menambahkan, pemilihan tema Pilkada ini lantaran topik ini memang sedang up to date, khususnya Pilkada Kabupaten Malang yang akan dilaksanakan pada Desember mendatang. Hevi juga mengaku, prodi IP UMM sengaja mengundang Auri karena ia bisa menjadi contoh ideal bagi mahasiswa yang nantinya akan memasuki dunia kerja.

      “Pak Auri ini peraih IPK terbaik saat S1. Saat ini ia adalah kandidat doktor di Universitas Indonesia dan tengah mengambil disertasi tentang Pilkada di Kabupaten Bulong Provinsi Jambi. Pak Auri juga memiliki pengalaman yang banyak di Bappeda, jadi ilmu dan pengalamannya akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa,” terang Hevi.

      Hevi juga ingin agar kuliah tamu ini dapat meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa IP UMM. Selain peningkatan mutu akademik, hal tersebut juga sekaligus menjaga hubungan baik dengan alumni yang sudah sukses. “Ini sekaligus networking, karena ke depannya IP UMM akan menjalin kerjasama dengan Kabupaten Bungo-Jambi,” ujar Hevi. (lil/han)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image