Lagi, Bioling UMM Hibur Penguni Balai Pelayanan Sosial PMKS Sidoarjo

Author : Humas | Rabu, 06 September 2023 09:11 WIB
Suasana Nonton Bersama Universitas Muhammmadiyah Malang (UMM) di Balai Pelayanan Sosial Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Sidoarjo (Foto : Lintang Humas)

Universitas Muhammmadiyah Malang (UMM) tidak bosan-bosan menebar kebahagiaan kepada masyarakat. Kali ini, Mobil Bioskop Keliling (Bioling) dan tim mahasiswa Kesejahteraan Sosial (Kesos) UMM hadir di Balai Pelayanan Sosial Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Sidoarjo dan menghibur para penghuninya, 4 September lalu. Di samping itu juga ada Mobil Bakti Terhadap Bangsa (Terbang) yang menyediakan beragam buku yang bisa dibaca. 

Giat tersebut dikemas dengan acara nonton film bersama, baca buku bersama, serta fun game. Para penghuni yang merupakan tunawisma, penyandang disabilitas, gelandangan, hingga pengemis dihibur dan diedukasi dengan banyak hal. Terkait kegiatan itu, Kepala Balai Pelayanan Sosial PMKS Sidoarjo Fiftian Windarta, S.H., M.M. mengapresiasi tim UMM yang sudah hadir. Menurutnya, kepedulian yang diberikan memberkan kebahagiaan tersendiri bagi penghuni balai pelayanan sosial.

Baca Juga : UMM Support Ratusan Unit Lampu Taman Jalan Idjen Malang

“Acaranya menarik sekali, ada nonton bersama dan baca buku. Kami ucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada UMM yang telah menghadirkan mobil bioskop keliling dan mobil bacanya. Walau terlihat sederhana, namun ampak dan manfaatnya sangat besar. Mereka memang butuh kegiatan seperti ini untuk merangsang pengetahuan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa penghuni di Balai Pelayanan Sosial PMKS Sidoarjo terdiri dari para tunawisma, penyandang disabilitas, gelandangan, pengemis, dan lain sebagainya. Mereka semua mendapatkan binaan sesuai dengan klasifikasi assesment yang telah ditentukan. Bentuk binaannya variatif mulai dari peningkatan skill wirausaha, giat banjari, hingga ke depan akan ada budidaya ikan.

Sebelumnya, ada tim mahasiswa prodi Kesos Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UMM yang melakukan kegiatan selama satu bulan di tempat tersebut. Praktikum tersebut diisi dengan berbagai kegiatan, mulai dari praktek pekerjaan sosial, melakukan praktik terapi terhadap PMKS, art therapy, hingga melakukan pembinaan terhadap klien dengan membuat ecob rick dan eco print.

Baca Juga : Kapan Pencemaran Nama Baik Bisa Dipidana? Ini Penjelasan Dosen UMM

Sementara itu, Ernawati salah satu penghuni di Balai Pelayanan Sosial PMKS Sidoarjo mengaku sangat senang dengan kedatangan tim UMM. Menurutnya, ini menjadi pengalaman yang asyik. Apalagi ia baru pertama kali menonton film dengan layar yang lebar dan bisa membaca buku-buku menarik.

“filmnya bagus dan menginspirasi. Buku-bukunya juga beragam dna bisa menambah pengetahuan kami. Ada yang membahas bisnis, ceirta motibasi, bahkan ada novel-novel asyik lainnya,” tegas Erna mengakhiri. (Faq/Wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image