Lulus 100%, UMM Angkat Sumpah dan Lantik Ners 27

Author : Humas | Jum'at, 23 Agustus 2024 09:24 WIB
Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) gelar Angkat Sumpah Profesi dan Pelantikan Ners ke-27 di Ballroom Rayz Hotel UMM (Foto : Adit Humas)

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) gelar Angkat Sumpah Profesi dan Pelantikan Ners ke-27 di Ballroom Rayz Hotel UMM. Menariknya, para ners tersebut lulus 100%. Acara semakin khidmat dengan hadirnya para orangtua wali mahasiswa, baik secara luring maupun daring dari berbagai daerah di seluruh wilayah Indonesia. Dengan pembacaan basmalah, forum sidang Angkat Sumpah Profesi dan Pelantikan Ners 27 dibuka oleh DPW PPNI Provinsi Jawa Timur pada 21 Agustus lalu.

Kemudian, forum dilanjutkan dengan pembacaan Laporan Pendidikan dan SK kelulusan ners yang dibacakan oleh Sunardi, M. Kep sebagai Kaprodi Pendidikan Profesi Ners Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) UMM. Dinyatakan sebanyak 69 mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Ners FIKES UMM dinyatakan 100% lulus Uji Kompetensi Nasional (Ukomanas). Adapun mahasiswa lulusan ners terbaik adalah Dinda Putri Safitri dengan IPK 3,96 dan disusul terbaik kedua Indah Beliana Fauziah dan terbaik ketiga Nabilah Widya dengan total IPK yang sama.

Baca juga : Sepasang Suami Istri Lulus Bersama Dalam Program Doktor UMM

“Selamat pada mahasiswa prodi Ners FIKES UMM angkatan 27. Kalian hebat. Alhamdulillah, dalam 2 tahun berturut-turut kalian lulus 100%. Ini tidak lepas dari pembinaan akademik yang terstruktur, penyiapan rumah sakit yang mumpunj, dan persiapan mental yang terus-menerus dilakukan oleh seluruh sivitas akademika Fikes UMM,” ungkapnya.

Pelantikan dan pengambilan sumpahprofesi ners dipandu oleh Dekan Fikes UMM, Dr. Yoyok Bekti Prasetyo, M. Kep., Sp. Kom. Ia berpesan bahwa sumpah yang diucapkan mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara Republik Indonesia. Begitupun dengan memelihara Pancasila, UUD 1945, serta demi kesejahteraan rakyat.

Yoyok juga sangat mengapresiasi para orangtua wali Mahasiswa dari berbagai daerah di seluruh Indonesia yang sudah menyempatkan hadir membersamai di momen penting tersebut. Ia menyampaikan, Prodi Pendidikan Profesi Ners UMM berhasil meluluskan 100% mahasiswa di Ukomnas yang sekaligus memperpanjang rekor UMM. Tak luput, Ia juga merasa sangat bangga dengan pencapaian dari proses panjang yang dilewati oleh para mahasiswa.

“Saya berharap dan saya sepakat bahwa perjuangan ini jangan berhenti disini. Pasti, adik-adik akan terus berjuang. Dan salah satu hal yang menarik sekaligus pilihan alternatif di UMM untuk memperkuat apa yang sudah kita capai, adalah menjadi Perawat Diaspora. Hingga saat ini, sudah tercatat puluhan orang alumni Ners UMM yang bekerja di luar negeri dan sudah kita identifikasi, serta terus kami bangun komunikasinya. Ada yang berada di Jepang, Timur Tengah (Kuwait dan sekitarnya), Belanda, dan Jerman. Selain itu, Fikes UMM sudah memiliki kerjasama dengan salah satu Konsorsium Rumah Sakit di Jerman,” katanya.

Baca juga : Alumnus Ilmu Komunikasi UMM Sukses Jadi Praktisi Ekspor

Lebih lanjut, Rektor UMM Prof. Dr. Nazaruddin Malik, SE., M.Si. dalam sambutannya, menyampaikan bahwa, momen ini adalah sebuah proses yang tidak lahir begitu saja. Sumpah adalah bentuk isyarat yang bertahap hingga menjadi sebuah tekad. Tekad inilah yang nantinya selalu lterefleksikan dalam sikap dan tindak-tanduknya, baik dalam menjalani profesi dan kehidupan kemanusiaanya.

“Khoirunnas Anfa’uhum Linnas memiliki makna yang mendalam dan sedapat mungkin kita menjadi orang pertama yang membantu dan memberi pertolongan dalam bentuk apapun. Itulah wajah penting dari apa yang kita sebut sebagai reputasi lulusan UMM," ungkapnya. (Din/Faq)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image