Mahasiswa UMM Edukasi Program Isi Piringku dengan Media Pop-Up Book

Author : Humas | Selasa, 13 Agustus 2024 09:26 WIB
Mahasiswa UMM gelar sosialisasi program Isi Piringku di SD Negeri Kebonsari 2 Kota Malang dengan menggunakan Pop Up sebagai media pembelajaran (Foto : Istimewa)

Dengan semangat inovasi dan kreativitas, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar sosialisasi program “Isi Piringku” di SD Negeri Kebonsari 2 Kota Malang pada 12 Agustus lalu. Melalui media Pop-Up Book yang menarik, mereka memperkenalkan pola makan sehat kepada siswa kelas 2. Kegiatan ini adalah bagian dari program Pengabdian kepada Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) kelompok 91 gelombang 1 UMM

Asa Chalisatul Aula salah satu mahasiswa PMM itu menjelaskan bahwa program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya gaya hidup sehat sejak usia dini. Program Isi Piringku yang disosialisasikan merupakan inisiatif Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk menggantikan program 4 Sehat 5 Sempurna, dengan fokus pada komposisi gizi seimbang dalam setiap porsi makan.

Baca juga: Mahasiswa UMM, Ciptakan Alat Deteksi Rematik

“Dalam sosialisasi ini, kami mengajak siswa untuk mengenal lebih jauh tentang pentingnya mengisi setengah piring dengan sayur dan buah, dan setengah lainnya dengan karbohidrat dan protein,” jelasnya,

Lebih lanjut, Asa sapaan akrabnya menjelaskan bahwa penggunaan media Pop-Up Book sebagai media pembelajaran. Tidak lain agar materi dapat disampaikan dengan cara yang lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa.

“Kami ingin menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif, sehingga siswa lebih antusias dalam menerima informasi baru. Pop-Up Book dengan warna-warni dan elemen 3 dimensi ini mampu menarik perhatian mereka sekaligus mengasah kemampuan sensorik dan motorik,” lanjutnya.

Untuk menjaga antusiasme siswa, kegiatan tersebut juga diselingi dengan permainan dan kuis seputar materi yang disampaikan. Puncaknya, seluruh siswa terlibat dalam sesi makan bersama, di mana mereka diminta membawa bekal dari rumah yang sudah diisi sesuai dengan panduan program Isi Piringku. Hal tersebut bertujuan untuk menerapkan langsung apa yang telah mereka pelajari, serta memperkuat pemahaman mereka tentang pentingnya pola makan sehat.

Baca juga : Pengabdian Mahasiswa UMM Ajari Siswa SD Berbisnis

Selain fokus pada siswa, tim mahasiswa UMM juga melibatkan para ibu PKK dalam sosialisasi program Dagusibu yang merupakan singkatan dari dapatkan, gunakan, simpan, dan buang. Program ini, yang merupakan kampanye dari Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), mengedukasi masyarakat tentang cara mengelola obat dengan baik dan benar. Diharapkan, melalui pendekatan ini, masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan tidak hanya dari segi makanan, tetapi juga dalam pengelolaan obat-obatan sehari-hari.

Terakhir, Asa dan timnya berharap dapat memberikan dampak positif bagi anak-anak dan masyarakat sekitar, serta mendorong mereka untuk menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. “Generasi yang sehat, bisa tumbuh kembang secara optimal itu tentu bisa mendorong dan menciptakan generasi yang cerdas pula,” harapnya. (Din/Faq)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image